PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG

Dhea Sabella, Erfan Ramadhani, Arief Kuswidyanarko

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah bisa menciptakan produk pembelajaran yang valid, praktis, dan bermanfaat. Dari hasil observasi di lapangan, didapatkan data yaitu siswa tidak turut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Media yang dipakai belum dapat mengatasi masalah keaktifan siswa dalam belajar materi bangun ruang. Dalam mengajarkan materi bangun ruang kepada siswa, guru membutuhkan media pembelajaran yang bisa meningkatkan keatifan belajar siswa. Selain itu, belum ada media kartu domino pada materi bangun ruang di sekolah dasar. Metode yang dipakai adalah Research and Development (R&D) dan menggunakan model Borg & Gall yang melalui 8 tahapan. Hasil validasi didapatkan sebesar 86,6% sebagai nilai kevalidan materi dan 88,3% sebagai nilai kevalidan media sehingga media ini dikategorikan valid. Untuk nilai kepraktisan, didapatkan hasil kepraktisan sebesar 92,7% dari respons guru dan 92% dari respons siswa sehingga media ini masuk dalam kategori praktis. Adapun manfaat penelitian ini yaitu produk yang dikembangkan dapat meningkatkan keatifan dan semangat belajar siswa, melatih siswa agar bisa menyelesaikan suatu permasalahan dengan kerja sama dengan teman. Berdasarkan hasil kevalidan, kepraktisan, dan kebermanfaatan maka media kartu domino ini bisa dipakai dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang di SD.

Keywords


Media Pembelajaran Kartu Domino, Matematika, Bangun Ruang

Full Text:

PDF

References


Afrianti, R. A., Kesumawati, N., & Kuswidyanarko, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Materi Pecahan Sekolah Dasar. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(2), 614-619.

Amir, M. F., & Wardana, M. D. K. (2017). Kartu Domica Sebagai Alternatif Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2, 23–31.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2), 123–134.

Fauziah, I. (2021). Pengembangan Media KUBO (Kubus Balok Domino) terhadap Konsep Perkalian Siswa Kelas II Sekolah Dasar. JPGSD, 09(03).

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.

Karso, H. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88–101.

Nugraheni, N. (2017). Implementasi Permainan pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal of Amaedives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 142-149.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.

Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Operasi Pecahan Dengan Kartu Domino Pintar. JIPMat, 1(2), 173–181.

Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.

Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan sebagai Media

Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 12(01), 1-12.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2016). Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Wiratni, Ardana, & Mardana. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran IPA dengan Topik Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 120-134.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.7865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.