PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVIERSAL QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK DI SD

Zulfa Muyassaroh, Syailin Nichla Choirin Attalina, Aan Widiyono

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada model pembelajaran tematik. Penelitian ini berfokus pada hasil belajar kognitif siswa dengan bantuan model active learning tipe role reviersal question. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model active learning tipe role reviersal question terhadap hasil belajar tematik kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis kuatitatif tipe quasi eksperimen. Lokasi penelitian ini di SDN 3 Menganti Kedung Jepara pada kelas siswa V yang berjumlah 33 siswa. Terdapat 2 jenis variable, yaitu variabel dependen hasil belajar siswa, sedangkan variabel independen adalah model active learning tipe role reviersal question. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penlitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 yang meliputi uji validias dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa nilai rata-rata pretest sebesar 63,74 sedangkan nilai rata-rata posttest adalah 87,75. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,940 lebih besar dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model active learning tipe role reviersal question terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik.

Keywords


Model Active Learning Tipe Role reviersal question, tematik, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Dhea vita, Darsono, S. (2019). Pengaruh Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Terhadap Hasil Belajar. 45(45), 95–98.

Muftahid, H. (2021). Model Active Learning Tipe Role Reversal Question terhadap Hasil Belajar Ppkn. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 10(1), 35–47.

Nisah, N., Widiyono, A., Lailiyah, N. N., Pendidikan, P., & Sekolah, G. (2021). Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(November), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882

Sari, M. P. (2018). Pengaruh Model Role Reversal Questions (Bertukar Peran Membuat Pertanyaan) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sdn Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Mataram.

Siregar, D. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKN Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 060898 Medan. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 520–527.

Widiyono, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 183–193.

Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2020). Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 499–507.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.7735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.