PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH CS5 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MATERI LINGKARAN KELAS VI

tri suryaningsih, Uhti Jahrotunisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 pada mata pelajaran matematika materi lingkaran untuk kelas VI SD Negeri Cimara; (2) mengetahui hasil penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cimara pada kelas VI dengan jumlah 28 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Kuesioner ini berupa lembar validasi untuk ahli dan angket respon siswa untuk mengetahui penilaian terhadap media Serta angket minat belajar untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 dikembangkan melalui 5 tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash CS5 sangat valid berdasarkan penilaian: a) Ahli materi memperoleh persentase 89% yang berarti sangat valid, b) Ahli media memperoleh persentase 84% yang berarti sangat valid, c) Praktisi pembelajaran memperoleh persentase 96% yang berarti sangat valid, d) Penilaian siswa terhadap media memperoleh persentase 90% yang berarti sangat valid. (3) Minat belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash CS5 dengan skor n-gain 0.78 atau 78% yang termasuk kedalam kategori tinggi.

Kata Kunci


Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS5, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Hasan, Muhammad, Milawati, dkk. (2021). .Media Pembelajaran. Sukoharjo: Tahta Media Group.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Senang Belajar Matematika SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Mukhtazar. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Absolute Media.

Majdi, Muhammad Kamal. Bambang Subali, dkk. (2018). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum Learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question. Unnes Physics Educational Journal. 7 (1).

Palelupu, Davik Neo dan Mochamad Cholik. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS5 pada Mata Diklat Gambar Teknik Di Kelas X TPM SMK Krian 1 Sidoarjo. JPTM. Vol. 03 No. 02.

Syahroni dan Maya Nurfitriyanti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika, Materi Bilangan pada Kelas 3 SD. Jurnal Formatif, Vol. 7. No. 3.

Rochimah, Siti. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang”. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang.

Nugraha, Gita Ardhy. (2017). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash CS4 Profesional pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas 2 SD. Scholaria. Vol. 7 No 2.

Jannah, Miftachul. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V. JPGSD. Vol. 6. No. 2.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i2.7595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.