PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS VIDEO (MOVID) PADA SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI SERTA KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan modul berbasis video (movid) pada materi siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup yang ditinjau dari uji validitas, respons guru dan keefektifan (hasil belajar siswa). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah addie. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes, teknik analisis data berupa kategori validitas, respons guru, dan keefektifan. Hasil penelitian pengembangan ini adalah movid layak digunakan dapat dilihat dari: (a) Hasil validasi modul pembelajaran memperoleh nilai 88% (sangat valid), validasi media memperoleh 85% (valid), dan validasi materi memperoleh nilai sebesar 90,90% (sangat valid), (b) Hasil angket respon guru memperoleh hasil 96% (sangat valid), dan (c) Hasil belajar siswa pada uji coba terbatas memperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 50,8% (cukup) sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 90,8% (sangat baik).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Irwandi, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Wujud Benda dan Cirinya Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Jambi
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Putri, K.E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Android pada Materi Model-Model Pembelajaran Terpadu. Prosiding, Seminar Pendidikan dan Pembelajaran II yang Diselenggarakan Oleh FKIP UN PGRI Kediri, 04 Agustus 2018. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Rayanto, Y. H. & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute
Retno, R. S., & Yuhanna, W. L. (2016). Pembelajaran konsep dasar IPA dengan scientific inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 1-9.
Sari, Y. D. K. (2017). Pengembangan LKS Tematik Integratif Tema 4 Sub Tema 1 Pembelajaran 4 Untuk Kelas IV SDN Sukorame 2 Kota Kediri. Skripsi, tidak dipublikasikan. UN PGRI Kediri
Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30.
Sidi, J., & Mukminan, M. (2016). Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 52-72.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21-31.
Wenda, D. D. N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Untuk Pembelajaran IPA SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 3(1), 39-50.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7234
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.