PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SD

Desi Arisagita Simamora, Kiki Aryaningrum, Puji Ayurachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas 1 di SD Negeri 117 palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa LKPD. Teknik análisis data penelitian yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas 1.A sebanyak 42 orang.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan indikator menulis permulaan menunjukkan bahwa pada LKPD pembelajaran pertama mencapai 90,59%. Sedangkan pada LKPD 2 mencapai 95% dengan kategori Sangat Baik. Hal ini membuktikan bahwa keterampilan menulis permulaan dengan menerapkan Metode SAS menjadi meningkat, karena siswa menjadi lebih terampil dalam menulis.

Kata Kunci: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Keterampilan Menulis  Permulaan.


Full Text:

PDF

References


Khair Ummul (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Journal Pendidikan Dasar. Vol.2 No.1

Khodariah, Dwi dan Sunan (2019). Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Kemampuan Menulis Permulaan. Journal for lesson and Learning Studies. Vol.2 No 3, 396-403.

Laelasari, Ami (2017). Pengenalan Pendidikan Formal dan Nonformal.Jawa Barat: PP-PAUD dan DIKMAS.

Putri, Hartati, dan Mulyasari. Penerapan metode sas untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Purwanto (2000). Pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas 1 Sekolah Dasar. Journal ilmiah guru”COPE”. No,01

Rahmadani nunu (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas). Journal of Teaching and Learning Research. . Vol.1, No1, p. 33-40.

Remi, Abdussamad, dan Sri (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Menggunakan Metode Latihan Terbimbing di Kelas 1 SDN 11 Sandai Kabupaten Ketapang. Journal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNTAN, Pontianak.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Yusuf (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan.Kampus IAIN Palopo.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.6362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.