PENGEMBANGAN MEDIA KARTU HEWAN DAN TUMBUHAN (TUHETU) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI

Liyana Nurmalasari, M. Taheri Akhbar, Sylvia Lara Syaflin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media kartu hewan dan tumbuhan (TUHETU) pada pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan model ADDIE. ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate) adalah model pengembangan berorientasi kelas. pengembangan model ADDIE identik dengan pengembangan sistem pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Media pembelajaran Kartu dan Hewan (TUHETU) yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan sangat valid. Pada penelitian ini dihasilkan nilai kevalidan . Nilai kevalidan untuk aspek materi, media dan bahasa secara berturur - turut sebesar 85,53%, 90%, dan 90% . selain dari itu juga media yang telah dibuat memiliki kepraktisan dan keefektifan yang baik. Nilai keefektifan dan kepraktisan yang dihasilkan sebesar 89,12% dan 87,91%. Dari hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa media kartu hewan dan tumbuhan (TUHETU) dapat digunakan untuk media pembelajaran siswa SD Negeri Air Beliti

Kata Kunci: TUHETU, model ADDIE, IPA.

Keywords


TUHETU, model ADDIE, IPA.

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. (2018). Metode Penelitian. Surabaya: Universitas Terbuka.

Asih, M. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 1.

Atikah, M. (2020 ). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar . jurnal Sekolah Dasar , 88.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Research & Development . Malang : Literasi Nusantara.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Iskandar, S.(2011). pendidikan ilmu pengetahuan alam. Bandung : CV. Maulana.

Kristiantari, M.G.R. & Negara, I.G.A. O. (2018). Meningkatkan Keterampilan Manipulatif Melalui Pengembangan Model Pembelajaran Modifikasi Permainan Kecil Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. Kajian Teori Pendidikan Dasar, Vol. 27, No. 2.

Lulut, S. (2017). Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-Up dan kartu ajaib pengelompokkan tumbuhan)untuk siswa kelas III SD/MI. Jurnal Pendidikan Guru MI, 112.

Rahayu, P. dkk.(2012). Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Base Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 63.

Risky, S.M. (2019). Analisis penggunaan media video pada mata pelajaran IPA disekolah dasar. Jurnal sekolah dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Vol. 28, No. 2.

Susilana & Riyana. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : CV Wacana Prima.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Sudjana & Rivai. (Suryani dkk, 2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sadiman, A. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wisudawati, W.A dkk (2017). Metodologi Pembelajaran IPA. Bandung: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.6291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.