ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN ONLINE DITINJAU DARI SUDUT PANDANG GURU DI SDN 4 KAMPUNGDALEM KABUPATEN TULUNGAGUNG

Nourma Oktaviarini, KESSI AYU WULANDARI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan kesulitan pembelajaran online ditinjau dari sudut pandang guru di SDN 4 Kampungdalem Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator perencana, pelaksana, dan penilai diperoleh total skor indikator perencana 66 sehingga diperoleh capaian 46 dengan kategori “cukup”, total skor indikator pelaksana 61 sehingga diperoleh capaian 42 dengan kategori “cukup”, pada indikator penilai mendapat total skor 59 sehingga diperoleh capaian 40 dengan kategori “cukup”. Dapat ditarik kesimpulan bahwa guru yang berperan sebagai perencana, pelaksana, dan penilai dalam pembelajaran mengalami kesulitan dalam (1) menguasai teknologi, (2) pembelajaran dengan metode yang bervariasi, dan (3) merumuskan hasil belajar siswa.


Keywords


Kesulitan Guru, Pembelajaran Daring.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6079

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.