PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DAKON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS IV SD

Luluk Dewi Suryani, Muhamad Jazeri, Binti Maunah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, keefektifan penggunaan media, dan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menggunakan multimedia interaktif berbasis permainan tradisional dakon. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket/kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data angket, analisis data tes, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t-test. Subyek menilai produk untuk media pembelajaran kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar.

Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar Bahasa Jawa.


Keywords


Development, Interactive Multimedia, Javanese Language Learning Outcomes.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.5629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.