PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJARA IPS SISWA KELAS V SDN 79 CENRANA KABUPATEN BONE

Authors

  • Syarifah Nur Fajrin Prodi PGSD, FKIP Universitas Islam Makassar, Indonesia
  • Syarifah Aeni Rahman Prodi PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4496

Keywords:

Pembelajaran, Model Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone. Penelitian   ini   merupakan   penelitian   eksperimen   dengan   jenis   penelitian   True Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 79 dan teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan teknik tes dan teknik observasi. Prosedur penelitian ini dilakukan   sesuai dengan prosedur eksperimen yaitu memberikan pretest, memberikan perlakuan (treatment) dan posttest. Hipotesis penelitian ini adalah Ho: µ1 = µ2 atau Ha: µ1 ≠ µ2 dengan penjelasan yaitu Ho = Tidak terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone dan  Ha =Terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05  dan derajat kebebasan df = 20 + 21 – 2 = 39 diperoleh ttabel t0.95(39) = (α) = 1.684. Maka thitung  ≥ tabel atau 1,83 ≥ 1.684 artinya Ha diterima dan H0  ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping tehadap hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone.

Author Biography

  • Syarifah Nur Fajrin, Prodi PGSD, FKIP Universitas Islam Makassar, Indonesia
    Universitas Islam Makassar

References

Ahmadi Abu, dan Uhbiyati Nur. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang System PendidikanNasional. Surabaya: Wacana Intelektual.

Windura, Sutanto. (2013). 1st Mind Map Untuk Siswa, Guru, dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.

Sugiarto, Iwan. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan BerpikirHolistik danKreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

De Porter, Bobbi, dkk. 2011. Quantum Teaching: Mempraktikan QuantumLearning di Ruang- ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka

Buzan, Tony. (2005). Brain Child : Cara Pintar Membuat Anak Jadi Pintar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori&AplikasiPaikem. Yogyakarta: Pustakapelajar.

Bundu, Patta. 2008. Aplikasi Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.Makassar: Samudra Alif-Mim

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS : Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles