PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJARA IPS SISWA KELAS V SDN 79 CENRANA KABUPATEN BONE
DOI:
https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4496Keywords:
Pembelajaran, Model Mind Mapping, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian True Eksperimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 79 dan teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan teknik tes dan teknik observasi. Prosedur penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur eksperimen yaitu memberikan pretest, memberikan perlakuan (treatment) dan posttest. Hipotesis penelitian ini adalah Ho: µ1 = µ2 atau Ha: µ1 ≠ µ2 dengan penjelasan yaitu Ho = Tidak terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone dan Ha =Terdapat pengaruh model Mind Mapping terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan df = 20 + 21 – 2 = 39 diperoleh ttabel t0.95(39) = (α) = 1.684. Maka thitung ≥ tabel atau 1,83 ≥ 1.684 artinya Ha diterima dan H0 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping tehadap hasil belajar IPS siswa Kelas V SDN 79 Cenrana Kabupaten Bone.References
Ahmadi Abu, dan Uhbiyati Nur. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang System PendidikanNasional. Surabaya: Wacana Intelektual.
Windura, Sutanto. (2013). 1st Mind Map Untuk Siswa, Guru, dan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.
Sugiarto, Iwan. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak Dengan BerpikirHolistik danKreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
De Porter, Bobbi, dkk. 2011. Quantum Teaching: Mempraktikan QuantumLearning di Ruang- ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka
Buzan, Tony. (2005). Brain Child : Cara Pintar Membuat Anak Jadi Pintar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori&AplikasiPaikem. Yogyakarta: Pustakapelajar.
Bundu, Patta. 2008. Aplikasi Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.Makassar: Samudra Alif-Mim
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS : Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.