PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROSES PEMBELAJARAN GURU PPL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SUDIRMAN 1 MAKASSAR

Immawati Nur Aisyah Rivai, Rivai Mana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran umum persepsi siswa tentang proses pembelajaran
guru PPL di SD Negeri Sudirman 1 Makassar, (2) motivasi belajar siswa di SD Negeri Sudirman
Makassar, dan (3) ada tidaknya pengaruh persepsi siswa tentang proses pembelajaran guru PPL terhadap
motivasi belajar siswa di SD Negeri Sudirman 1 Makassar. Penelitian ini merupakan deskripsi kuantitatif
dengan populasi adalah seluruh siswa SD Negeri Sudirman 1 Makassar. Pengambilan sampel dengan
teknik purposive random sampling dan terpilih kelas IV a dan IV b. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dan analisis deskriptif
dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa tentang proses
pembelajaran guru PPL tergolong “cukup baik”, dari aspek keterampilan membuka pelajaran,
keterampilan menjelaskan, keterampilan mengadakan variasi dalam pengajaran, keterampilan mengelolah,
dan keterampilan menutup pembelajaran yang dapat mempengaruhi motivasi belajar. Sedangkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa (2) motivasi pada siswa SD Negeri Sudirman 1 Makassar tergolong “cukup
tinggi”, dalam hal ini didukung oleh beberapa aspek yakni adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya
hukuman, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, adanya pujian, dan adanya persaingan atau
kompetensi dalam belajar. (3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan dari persepsi siswa tentang proses pembelajaran guru PPL terhadap motivasi belajar siswa di SD
Negeri Sudirman1 Makassar.


Keywords


Persepsi siswa; Pembelajaran Guru PPL; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu

pendekatan praktik. Yogyakarta : Rineka

cipta.

Hamzah, B.U. (2011). Teori motivasi dan

pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Jalaludin, R. (2011). Psikologi Komunikasi.

Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sabri, M.A. (2006). Pengantar Psikologi Umum

dan Perkembangan. Jakarta: CV.

Pedoman Ilmu Jaya.

Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan motivasi

belajar mengajar. Jakarta : Rajawali

Pers.

Slameto. (2011). Belajar dan faktor-faktor yang

memepengaruhinya. Jakarta : Rineka

Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan:

pendekatan kualitatif kunantitatif dan R&D.

Bandung : Alfabeta.

Sukardjo, J.S. (2011). Buku pedoman program

pengalaman lapangan FKIP UNS.

Surakarta: UNS Surakarta.

Walgito, B. (2014). Pengantar psikologi umum.

Yogyakata:Andi.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.