IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK

Tyaswati NA

Abstract


Berdasarkan hasil pada pra siklus pada pembelajaran tema 1 Diriku dengan subtema 2 Tubuhku diperoleh data bahwa dari 24 siswa ada 13 siswa belum tuntas belajar (sesuai KKM yaitu ≥ 70), sedangkan 11 siswa telah tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa di kelas I A yaitu 46% siswa tuntas dan 54% siswa tidak tuntas. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Examples Non Examples siswa kelas I A. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I A SD Negeri Panjang 03 tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus I dan siklus II. Pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan observasi. Sedangkan analisis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan analisis data penelitian hasil tes formatif dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IA melalui implementasi model pembelajaran Examples Non Examples. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 79% dan 100% pada siklus 2.

Keywords


Example Non Example, Hasil Belajar, Tematik-terpadu

Full Text:

PDF

References


Astriani, Rahayu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Ketrampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD N Ngesrep 01. Jurnal Pendas Mahakam: 2 (1). 91-99.

Avisca, Keke Citra Wahyu. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Speacking Card Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar. Satya Widya: 33 (1). 56-63.

Habibah, Syarifh. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar: 3 (4). 54-64.

Lestari, Ina. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Example Non Example Terhadap Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Refleksi Edukatika: 7 (2). 123-126.

Lisnani. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Bagi Siswa Kelas VI SD. Jurnal Basicedu: 3 (1). 76-82.

Noviasari, Lailia. 2019. Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Hasil Belajar IPA. Janacitta: 2 (1). 33-38.

Pranoto, Hadi. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI B Semester 1 SD Negeri Turitempel Tahun Pelajaran 2016/2017. Malih Peddas: 7 (1). 46-51.

Suryani, Eni dkk. 2018. Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sumber Daya Alam di SD. Pedadidaktika: 5 (1). 100-108.

-------------2016. Lampiran Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.