PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Metode penelitian ini menggunakan eksperimental-semu (Quasi Experimental Design) dengan Pre-test Post-test Non-equivalent Control Group Design dan menggunakan teknik pengambilan sampel purpose sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data Uji-t. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dengan menggunakan model discovery learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Jhonson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Media Utama.
Khofiyah, Nur Henik.2019.Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA.http:/journal.um.ac.id/index.php/jptpp/arcticle/view
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Jakarta:Kata Pena
Mawardi, M., & Mariati, M. 2016. Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 SD di Gugus Diponegoro – Tengaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6 (1), 127-142.https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p127-142.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanti, Kartika Yuni & Suryani.2018.Pengaruh Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis.http://Jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/janacitta/article/view
Rahmatika, Eviana.dkk.2016.Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Siswa.http:/journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.