PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES MARISO II KECAMATAN MARISO KOTA MAKASSAR

Syarifah Aeni Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model ARIAS di kelas IV serta mengetahui
perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model ARIAS dan kelompok
kontrol menggunakan metode konvensional matapelajaran IPS di kelas IV diSD Inpres Mariso II. Jenis
Penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental
Research. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS yaitu mengaktifkan siswa karena serangkaian
langkah-langkah pembelajaran ini betul-betul melibatkan pengalaman nyata siswa, kepuasan karena dalam
pembelajaran diberikan penguatan serta rasa percaya diri pada siswa. Selain itu,terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen menggunakan model ARIASdan hasil belajar
kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional, dimana hasil belajar kelompok eksperimen
jauh lebih tinggi.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Bundu, P. (2010). Aplikasi Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Makassar: Samudra Alif-Mim.

Erna,D. (2010). Profesionalisme Guru dalam Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Muliana. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Muriddalam Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest,Assessment Satisfaction (ARIAS) Di Kelas IV SD Inpres Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sanjaya,W.(2010).Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, J.W. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS: Konsep & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiono.(2016).MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif,Kualitatif,R&D.Bandung:Alfabeta.

Suprijono,A. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: PustakaBelajar.

Sanjaya,W. (2015). StrategiPembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.