PENINGKATKAN PARTISIPASI MELALUI MODEL PBL BERBANTU MEDIA KARTU MASALAH KELAS IV TEMA 8 SEKOLAH DASAR
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan partisipasi belajar siswa melalui model pembelajaran Probem Based Learning (PBL) berbantu
media kartu masalah. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap antara lai tahap perencanaan,
tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatilawang
yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Alat pengumpulan
data yang digunakan adalah lembar observasi partisiasi siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar
observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi siswa. Hasil peningkatan terjadi pada setiap siklusnya.
Peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbantu media kartu masalah dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa pada tema 8 Daerah Tempat
Tinggalku di kelas IV SD Negeri 2 Jatilawang, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara. Hasil observasi
partisipasi siswa pada siklus I yaitu 2,57, presentase ketuntasan 12,9% dengan kriteria kurang baik
meningkat pada siklus II menjadi 3,52, presentase ketuntasan 74,19% dengan kriteria baik. Presentase
ketuntasan partisipasi belajar siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditentukan dengan
kriteria baik dan meningkat.
Kata Kunci: Partisipasi; PBL; Kartu masalah.
The background of this research was caused of the low of student's learning participation. The aim of this research is to
improve students' learning participation through pbl model with media problem card at grade IV Theme 8. This
research was implemented through some steps that weree planning, implementing, observing and reflecting step. The
subject of this research was students at grade IV in elementary school 2 jatilawang with total numbers 31 students
consist of 14 men and 17 women. The instruments of collecting data were students' participation observation sheet,
teacher's activity observation sheet, students' activity observation sheet and students evaluation sheet. The result of the
improvements happened in each cycle. This improvement showed that the use of problem based learning method with
media problem card could improve students' learning participation in theme 8 Tempat Tinggalku in class VI
Elementary school 2 Jatilawang, Wanayasa, banjarnegara. The result of the observation improved in cycle 11 became
3,52, percentage completeness 74,19 % in good criterion. The students learning participation percentage completeness
has reached the indicator of success that has specified in good criterion and improvement.
Keywords: Participation, PBL, Problem Card
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ibnu, T. (2015). Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual.
Jakarta: Prenada Media Group
kemmis, S & Mc Taggart. (1984). The Action
Research Planner. Victoria: Deakin
University.
Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual
Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Rafika
Aditama.
Mulyasa, E. (2009). Kurikulum Yang
Disempurnakan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: PT Raga Grafindo Persada .
Sezgin, G. (2010). “The Effects Of Problem Based
Learning On Preservice Teachers
Achievement, Approaches And Attitudes
Towards Learning Physics”. International
Journal Of Physical Sciences. Vol 5
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.