Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS AKTIVITAS HOT PADA TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SD

I Ketut Supadma, Ni Nyoman Kusmariyatni, I Gede Margunayasa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas Higher Order Thinking (HOT). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, (1) analyze (analisis), (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru dan 2 orang dosen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran adalah lembar penelitian menggunakan rating scale berupa lembar penilaian perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas HOT, (2) produk ini telah divalidasi dengan skor rata-rata silabus sebesar 4,75 dengan kualifikasi sangat baik, skor rata-rata RPP keseluruhan sebesar 4,70 dengan kualifikasi sangat baik, dan skor rata-rata LKPD keseluruhan sebesar 4,70 dengan kualifikasi sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Amri, Amal & Fajri, Basam. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, Volume 01 Nomor 2, Oktober 2018 (halaman 116-123).

Anggreani, Erni Luviana, dkk. 2018. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada Materi Jamur”. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, Volume 3 Nomor 1, Tahun 2018 (halaman 2528-1615).

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Isya, Muhammad Andi. 2017. “Pengembangan model pembelajaran instruksional design dengan model ADDIE mata pelajaran PAI pada materi mengulang-ulang hafalan Surah Al Ma’un dan al Fil secara klasikal, kelompok dan individu kelas V SDN Gedongan 2 Kota Mojokerto”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, Volume 7, Nomor (1).

Khusnah, Laila dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Salingtemas dan Inkuiri Terbimbing untuk Membentuk Pemahaman Terintegrasi Peserta Didik SMP”. Jurnal Pendidikan Sains, Volume 3 Nomor 4, Desember 2015 (halaman 149-157).

Pariatna, I Wayan Jus, dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Topik Laju Reaksi”. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, Volume 9, Nomor (1).

Rahayu, Rina & Laksono, Endang W. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem-Based Learning di SMP”. Jurnal Kependidikan, Volume 45 Nomor 1, Mei 2015 (halaman 29-43).

Wijaya, Etistika Yuni, dkk. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016.

Yusuf, Irfan, dkk. 2015. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013”. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 4 Nomor 2, Tahun 2013 (halaman 189-200).




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.