PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SANGGAR BIMBINGAN KEPONG MALAYSIA

Nahrul Hayat, Suci Perwita Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SBM Kepong, Malaysia. Penelitian ini juga berfokus pada efektivitas model CIRC dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan analisis kritis, dan kemampuan sosial siswa selama proses pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan instrumen pra-tes dan pasca-tes untuk pengumpulan data. Analisis skor pra-tes dan pasca-tes bertujuan untuk mengukur peningkatan prestasi siswa setelah penerapan model CIRC. Data dianalisis menggunakan Paired Sample t-Test untuk menilai perbedaan signifikan dalam kinerja siswa sebelum dan sesudah intervensi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model CIRC. Rata-rata skor pra-tes meningkat dari 60,2 menjadi 84,4 pada pasca-tes, dengan kenaikan sebesar 24,2 poin. Temuan dari Paired Sample t-Test menunjukkan tingkat signifikansi 0,000, yang menegaskan efektivitas model dalam meningkatkan pemahaman, keterlibatan, dan interaksi siswa. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, salah satunya adalah ukuran sampel yang kecil dari satu kelas, yang membatasi generalisasi hasil. Durasi implementasi CIRC yang singkat dan tantangan seperti terbatasnya partisipasi siswa juga mungkin memengaruhi temuan. Oleh karena itu, penelitian tambahan dengan ukuran sampel yang lebih besar diperlukan untuk mengonfirmasi hasil ini.


Keywords


Model CIRC, hasil belajar, Bahasa indonesia

Full Text:

PDF

References


Adama, G. F., Sudarjat, A., & Bayu, A. T. (2021). Penerapan Metode BlendedLearning Untuk Meningkatkan Hasil BelajarKuda-Kuda Pencak Silat . Seminar NasionalSTKIP Kusuma Negara.https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1267/8642023.

Arianti, F. F. (2021). Flipped Classroom Dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi. Tabasa : Jurnal Bahasa Sastra Indonesia, dan pengajaran 1(2), 165–186. https://www.researchgate.net/publication/353714154_flipped_classroom_dan_aplikasi_schoology_analisis_keterampilan_menulis_teks_biografi

Ariyana, A. R. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia,daerah, dan asing 356-370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112

Dahnial, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pictgure And Picture Terhadap Pendidikan Linkunan Hidup (PLH) Untuk Meninka tkan Kompetensi Guru Di SD Neeri Se-Kecamatan Stabat. JBS (Jurnal Berbasis Sosial), 91-100. https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jbs/article/view/68/77

Dewi, D. K. (2022). Pengaruh Model CIRC terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Kelas IV SD. Journal of Elementary School (JOES), 5(2), 247–258. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOES/article/view/4278.

Dwisafitri, J., Chamdani, M., & Ngatman, N. (2024). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Pengalamanku Di Sekolah Pada Siswa Kelas II SDN 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.75440

Habib , D. I., Rohman, M. F., & Rosikh, F. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Compotition (CIRC) dalam Pembelajaran Mahārah Qirā’ah di Kelas X MA Tarbiyatul Islam Soko Tuban Tahun 2023/2024. Edu Journal Innovation in learning and education. DOI: https://doi.org/10.55352/edu.

Irfan, M. H. (2021). Pengaruh Model Cooverative Integrated Reading And Composition (CIR ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Interaktif Kelas II SDN Peresak Tahun Ajaran 2021/2022 . Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 82–89. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1741

Kurniasih Eka dkk, 2. (2022). Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal.: penerbit Widina Bhakti Persada bandung.

Kurniawan, C. &. (2021). Analysis of Efforts To Recovery Halal Tourism After the Covid-19 Pandemic Through Twitter: a Case Study of West Nusa Tenggara. Proceedings Of International Conference On Communication Science, 1(1), 35–40. https://doi.org/10.29303/iccsproceeding.v1i1.3

Kurniawan, C. P. (2023). Ustainable tourism development strategy in West Nusa Tenggara province, Indonesia . IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, . http://dx.doi.org/10.1088/1755-1315/1129/1/012022

Kusumawardani, S. D. (2020). eningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(23), 140–151. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8827

Lizani, A. V. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model (Circ) Berbantuan Media Komik Edukatif Pada Peserta Didik Kelas Iii Sekolah Dasar. . Jurnal Tunas Pendidikan , 6(1), 68–75. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1439

Mayang, A., Rosa, N., Rachmadtullah, R., Dasar, G. S., Cooperative, M., Reading, I., Dasar, S. S., & Integrated, C. (2024). Open Access Model Cooperative Integrated Reading And Composition ( Circ ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Cooperative Integrated Reading And Composition ( Circ ) Model On Learning Outcomes Of Elementary School Students. 01(02), 688–694. VARIABLE RESEARCH JOURNAL.

Miranda, H., & Rosidah, C. T. (2024). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 265-270. https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/309

Murtiningrum, W., Asri Untari, M. F., & Tsalatsa, A. N. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Membaca Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17175

Nawawulan, D., Istiningsih, S., & Khair, B. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2822

Nofrianni, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar . Jurnal Muara Pendidikan , 338-344. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1418

Norsandi , D., & Sentosa , A. (2022). Model Pembelajaran Efektif di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 125 - 139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444

Nur, S. H., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2025). Analisis Penggunaan Model Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 72-79 . Journal Innovation in Education. https://doi.org/10.59841/inoved.v4i1.2081

Rahmi, Y. &. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ). Jurnal Basicedu, 662-672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406.

Sartika, D., Musyifah, S., & Syarifuddin. (2022). Pengaruh Model PembelajaranCooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII MTsN 4 Bima. DIKSI : Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial , 38-50. https://doi.org/10.53299/diksi.v3i1.139

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dn R&D. Bandung: Alfabeta.

Zulfahmi, Gani, S. A., & Hidayati, F. (2022). Efektifitas Penggunaan Metode Drill Dalam Pembelajaran Seni Baca Al-Quran. Genderang Asa: Journal Of Primary Education. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.492




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.