PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU QUIZIZZ DALAM PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Muhimmatul Ulya, Rida Fironika Kusuma Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) menggunakan Quizizz. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Grogol 1 yang berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui pengaruh model PBL menggunakan Quizizz terhadap peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantu Quizizz dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa Sekolah Dasar. Hal ini tercermin dari peningkatan rata-rata nilai tes numerasi dari 41,23 pada pretest menjadi 79,73 pada posttest. Selain itu, persentase ketuntasan isi pembelajaran meningkat dari 11,5% pada pretest menjadi 80,8% pada posttest. Angket siswa tentang pembelajaran dengan Quizizz juga menunjukkan hasil yang sangat positif, ditandai dengan meningkatnya motivasi dan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini mengarah pada kesimpulan bahwa model PBL berbantu Quizizz efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa sekolah dasar kelas 4. Guru disarankan untuk mengintegrasikan model PBL dan media digital seperti Quizizz ke dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan literasi berhitung siswa sekolah dasar.


Keywords


Indikator, Literasi Numerasi, Problem Based Learning, Quizizz, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aryani, Irma et al. 2022. “Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Abdimas UNAYA 3(2): 37–41. www.jurnal.abulyatama.ac.id/xxxxxxxx.

Dewi, Deby Kurnia. 2024. Multimedia Pembelajaran. Bantul: Pustaka Baru Press.

Fitri, Junia. 2022. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Integrasi Litnum Dengan Alur Merdeka Di SMP Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya.” Ability: Journal of Education and Social Analysis 3(1): 170–77. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/1454.

Göksün, Derya Orhan, Gülden Gürsoy. 2019. “Comparing success and engagement in gamified learning experiences via Kahoot and Quizizz.” 139: 15–29. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.015.

Khakima, Lilis Nurul, Siti Fatimah Az Zahra, Leni Marlina, dan Zuhair Abdullah. 2021. “Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD.” Prosiding Seminar Nasional PGMI 1(1): 775–91. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-.

Kurniawan, Chabib Dwi, dan Moch. Misbahul Huda. 2020. “PENGARUH PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI LATIHAN SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD Ket. Artikel.” Pena Karakter 1(01): 37–41.

Maisaroh. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Raden Intan Lampung 1443 H / 2022 M Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap.”

Masliah, Lia, Sri Dewi Nirmala, dan Sugilar Sugilar. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7(1): 1–10.

Mayasari, Annisa, Opan Arifudin, dan Eri Juliawati. 2022. “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.” Jurnal Tahsinia 3(2): 167–75.

Pimdee, Paitoon, Aukkapong Sukkamart, dan Cherisa Nantha. 2024. “Heliyon Enhancing Thai student-teacher problem-solving skills and academic achievement through a blended problem-based learning approach in online flipped classrooms.” Heliyon 10(7): e29172. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29172.

Rachmawati, Tutik, dan Drs Daryanto. 2019. Teori Belajar dan Proses Pembeajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Sitorus, Destri Sambara, dan Tri Nugroho Budi Santoso. 2022. “Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 12(2): 81–88.

Soleh, Muhammad, dan M Hapudin. 2021. Teori Belajar dan Pembelajaran : Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Kencana.

Suardipa, I Putu, Ni Nyoman Lisna Handayani, dan Ni Luh Dewi Budayani. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran ALC Berbantuan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 4(1): 41.

Susanto, Ahmad. 2018. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.