UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI PROGRAM READING CAMP DI SDK NUABOSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDK Nuabosi melalui Program Reading Camp. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tujuan dari metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu untuk meningkatkan dan memperbaiki mutu proses belajar mengajar di kelas serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek data dalam penelitian ini adalah kelas IV SDK Nuabosi sebanyak 17 orang, yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa dengan menerapkan Program Reading Camp pada siklus I hanya memperoleh nilai rata-rata 68,71 dan dalam pelaksanaan siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 83,76, berarti mengalami peningkatan yaitu kurang lebih 15,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan Program Reading Camp dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SDK Nuabosi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Habsyi, M.I.F., Burhanuddin, B., & Sukmawati, S. (2020). Kemampuan Membaca Memahami Teks Dialog Bahasa Mandarin Siswa Kelas XII SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa. Journal of Language and Literature, 1(1).
Ayunopisari. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membeca Siswa Kelas 1 Melalui Media Kartu Huruf di SD Negeri Gandekan Surakarta. Jurnal Pendidikan Tambuai, 5(3), 9364-9367.
Darmayanti, N.W.S., & dkk. (2024). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Panduan dan Implementasinya Bagi Guru dan Mahasiswa. PT NILACAKRA PUBLISHING HOUSE, Bandung.
Davis, Ol. (2019). Reading At The School Camp. Elementary English, 35(5), 317-321.
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca Siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An—Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8).
Hasanah, A., & Lena, M.S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5).
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif pada CV Meubele Berkah Tanggerang Indonesian. Journal on Software Engineering, 5(1), 19-28.
Kundharu Saddhono, Y Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kurniawan, W., Sutopo, A., & Minsih. (2021). Implementasi Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.
Meo, A., Wau. M.P., & Lawe, Y.U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDI Bobawa Kecamatan Golewa Selatan Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(2), 277-287.
Nay, Y.A., Wau. M.P., Sayangan, Y.V., & Noge, M.D. (2024). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas IV SDK Wolomeli. Jurnal Kependidikan, 13(1).
Owa, Y.K., Una, Y., Lawa, Y.U., & Dhema, L.N. (2024). Penerapan Remedial Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SDN Watuwula. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4).
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitia. Cipta Media Nusantara.
Sari, C.U., Nursyamsi, N., & Sukmawati, S. (2024). Transformasi Kemampuan Membaca Peserta Didik Melalui Kemah Literasi di Kelas IV SDN 245 Tole-Tole Luwu Timur. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(4).
Sayangan, Y. V. (2024). A qualitative study on the impact of local wisdom-based discovery learning in teaching concept geometry. Jurnal Pendidikan matematika, 15(1), 265-276.
Sukmawaty. (2021). Kemampuan Menyusun Kalimat Pasif. Jurnal Konsepsi, 11(1).
Ukfida, U. (2018). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Melalui Pembelajaran Classrom Reading Program Kelas 3 SD Islam Wahid Hasym Sekardangan Sidoarjo. UMSIDA.
Weis Yael., Yeatman, J.D., Ender, S., & dkk. (2022). Can an Online Reading Camp Teach 5-Years-Old Children to Read. Frontiers in Human Neuroscience.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17581
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.