PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SANGGAR BIMBINGAN MUHAMMADIYAH KEPONG MALAYSIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyebarkan dampak penggunaan media diorama terhadap pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia, khususnya dalam memperkuat Profil Pelajar Pancasila. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre -eksperimen one group pre-test post-test . Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV, yang berjumlah 15 orang, dan dijadikan sampel penelitian. Instrumen tes diberikan dalam dua tahap, yaitu pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan. Data dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t sampel berpasangan . Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diberikan perlakuan. Hal ini terlihat dari rata-rata skor pre-test sebesar 70,5 yang meningkat menjadi 89,6 pada post-test . Uji hipotesis dengan Paired Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H 0 ) ditolak. Kesimpulannya, penggunaan media diorama secara signifikan memberikan kontribusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV di Sanggar Bimbingan Muhammadiyah Kepong Malaysia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, T., & Suharto, Y. (2024). Collaborative Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Geografi : Penerapan Proyek Media Diorama 3D Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jayapangus Press Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 219–233. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/3291
Azizah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas IV SDN Meruya Utara 05 Jakarta Barat [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/72736
Febriani, V. N., Rusfa, I. R., Azizah, S. N., Utami, R. D., Sofiana, J., Handayani, T., & Rebianto, S. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Penguatan Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila bagi Siswa SB Kuala Langat Malaysia. Jurnal Keilmuan Dan Keislaman, 155–163. https://doi.org/10.23917/jkk.v2i3.75
Jannah, Arafat, & Heldayani. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(3), 567–575. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1379/1202
Melinda, W., & Ariyani, Y. (2024). Development of diorama based learning media to improve Eeementary school students’ creative thinking ability. Indonesian Journal of Classroom Action Research, 2(20), 5–9. https://reposister.almaata.ac.id/id/eprint/461/4/Bukti Kinerja_Artikel Penelitian .pdf
Mokambu. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 56–62. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1051
Nurhayati, Yulianingsih, & Nursihah. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelompok B RA AI Patwa Cicukang Kabupaten Bandung). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 12–26. https://doi.org/https://doi.org/10.69552/alihsan.v4i1.1657
Pohan. (2020). Penagruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Kelas V MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa [Universitas Islam Sumtera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/10309/1/SKRIPSI ADE WIKA PUTRI POHAN UNTUK DIKIRIM fix.pdf
Prasetya, R., & Maisaroh, S. (2023). Use of Diorama Media: As an Innovation in Science Learning in Elementary Schools. Atlantic Press, Upincess, 413–418. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-176-0
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). ALFABETA, cv. www.cvalfabeta.com
Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.645
Wulansari, I. C., Susilawati, & Ridwan, I. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Media Diorama Improving Creative Thinking Skills in Social Studies Subjects Through Diorama Media. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan IPS Transformasi Pendidikan IPS Menyongsong Era Society 5.0., 1, 78–87. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingips/article/view/374
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17557
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.