MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI AKTIVITAS MUSIK BERBASIS NOTASI ANGKA

Maria Gratiana Mangko, Ferdinandus Bate Dopo, Sena Radya Iswara Samino

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiaman penerapan aktivitas musik berbasis notasi angka dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PTK ( Penelitian Tindakan Kelas). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu mengamati siswa secara langsung melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas musik berbasis notasi angka dapat menigkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan penilaian yang dihasilkan pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I memperoleh nilai sebesar 30%, sedangkan di siklus II diperoleh nilai yang cukup meningkat sebesar 65% . Dengan demikian, melalui pembelajaran berbasis musik tidak hanya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi saja, tetapi siswa juga dilatih untuk lebih berperan aktif dan mampu bekerja sama dalam kelompok.


Keywords


penerapan,literasi, numerasi, aktivitas musik, notasi angka.

Full Text:

PDF

References


Dinar. (2022). Literasi dan Numerasi. Diambil dari https://guruinovatif.id/artikel/literasi-numerasi-dan-ekspresi-sebagai-tolok-ukur-musikalitas-peserta-didik.

Farinta, Nanda, and Ali Mahmudi. 2024. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas Viii Smp Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Pedagogi Matematika 10(1):55.

Juliani, S. D. (2021). Penggunaan Media Bahan Alam Pelepah Pisang Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Ikhlas Taqwa, Kel. Sukaramai I, Kec Medan Area, Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Kemmis, S., Mc Taggart, R., & Nixon, R. (2014). Perencanaan Penelitian Tindakan: Melakukan Penelitian Tindakan Partisipatif Kritis. PT Springer

Lisnawati, Iis, and Yuni Ertinawati. 2019. “Literat Melalui Presentasi.” Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan 1(1):1–12. doi: 10.37058/metaedukasi.v1i1.976.

Mustapa. 2024. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 8(5):4043–49.

Muzakki, Muzakki, Aghnaita Aghnaita, and Dwi Puspita. 2023. “Mengembangkan Kegiatan Literasi Awal Bagi Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga.” Transformasi : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal 8(2):111. doi: 10.33394/jtni.v8i2.6966.

Octafiyani, A. Z. (2024). Ekstrakurikuler Hadrah Sebagai Upaya Mengembangkan Kecerdasan Musikal Peserta Didik di MIN 2 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Putrawangsa, Susilahudin, and Uswatun Hasanah. 2022. “Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA Dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi Dan Numerasi.” Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):1–12.

Siti Nurbaya. 2022. “UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN MOJOREJO 02 BATU DENGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR Siti.” Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH) 1(4):216–36.

Sudirman, Subhan Ajrin, Fitriah M. Suud, and Dewi Purnama Sari. 2019. “DILATASI MEMORI; LEKSIKON BAHASA INGGRIS MELALUI MUSIK Subhan Ajrin Sudirma 1 , Fitriah M Suud 2 , Dewi Purnama Sari 3.” PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi) 2(2):96–104.

Nurbaya, S. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Permulaan Siswa Kelas I SDN Mojorejo 02 Batu dengan Media Kartu kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(4), 216-236.

Tresia Oktari, Siska, and Desyandri. 2023. “Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Seni Musik.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2):1771–79. doi: 10.36989/didaktik.v9i2.897.

Viranny & Wardhono, 2024. 2024. “Cendikia Pendidikan.” Cendekia Pendidikan 4(4):50–54.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.