PENERAPAN METODE KODALY HAND SIGN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI ANGKA BAGI SISWA KELAS III SD INPRES BAJAWA

Maria Magdalena Beo, Kanzul Fikri, Ferdinandus Bate Dopo, Efrida Ita

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal pada saat melakukan kegiatan kampus mengajar angkatan 8 di SD Inpres Bajawa, terlihat bahwa siswa kesulitan dalam membunyikan notasi angka secara benar dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi angka bagi siswa kelas III SD Inpres Bajawa melalui penerapan metode kodaly. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui lembar observasi kelas. Hasil penelitian menunjukan kemampuan membaca notasi angka siswa kelas III SD Inpres Bajawa mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dari siklus 1 dengan presentasi sebesar 55 dan pada siklus 2 presentasi keaktifan siswa sebesar 85. Melalui metode kodaly siswa kelas III lebih aktif dan mudah mengingat dan memahami cara membunyikan tinggi rendahnya notasi angka dengan benar.

Keywords


Metode Kodaly, Hand sign, Kemampuan membaca notasi angka

Full Text:

PDF

References


Damayanti, I. (2017). Pendidikan Musik: Pendekatan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Publisher.

Hidayatullah, M. (2022). Metode Kodály dalam Pembelajaran Musik di Sekolah Dasar. Jakarta: UPI Press.

Kristianingsih, I. P., Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). Penerapan Metode Kodaly sebagai Upaya Meningkatkan Kepekaan Nada pada Ekstrakurikuler Paduan Suara SD Al-Madina Purworejo. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 67–73. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/963

Lukas O. Nazara dan A. Gathut Bintaro T. Aspek-aspek Metode Kodaly pada Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Program Studi S-1 Seni Musik, Fak. Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta. 2018.

Marcelina, S., Puspita, V., & Melindawati, S. (2022). Pelatihan Dan Implementasi Metode Kodaly Pada Pembelajaran Seni Musik Bagi Guru Sd Betha Plus Kota Padang. Bhakti Nagori (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 105–112.

Patce Orianus Snae dan Anjel Martiny de Marissa Po.(2024). Pemanfaatan Metode Kodaly Sebagai Media Pemebelajaran Notasi Paduan Suara Anak Gema Avatha Choir Jemaat Imanuel Oesao. Jurnal seni dan Pembelajaran.Vol. 12. No. 3

Rahayu, Ayu Sri. (2017). Penerapan Metode Kodaly Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi. SJurnal Seni dan Pembelajaran

Supriyatna, N., & Syukur, S. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Musik II. Bandung: UPI PRESS

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Wiflihani, T. (2010). Meningkatkan Kemampuan Musik Anak Melalui Pembelajaran Notasi. Surabaya: Alfabeta.

Wulandari, R. (2013). Pengembangan Metode Kodály Dalam Pengenalan Nada Pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), 52–60.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.17550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.