PENERAPAN PEMBELAJARAN IPAS DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Atika Dwi Evitasari, Tri Dewi Pancasari, Geyol Sugoyanta

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang memberikan fleksibilitas bagi guru dan peserta didik untuk mengatur lingkungan belajarnya. Dalam Kurikulum Merdeka penerapan pembelajaran IPA saat ini digabung dengan pembelajaran IPS menjadi IPAS dengan tujuan untuk memberikan peserta didik pemahaman yang lebih menyeluruh tentang hubungan antara fenomena alam dan sosial di lingkungan sekitar mereka. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mengeksplorasi penerapan pembelajaran IPAS dalam Kurikulum Merdeka; 2) mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran IPAS; dan 3) menganalisis solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan penerapan pembelajaran IPAS. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara semi tertruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Subjek penelitian berasal dari kepala sekolah, guru, dan siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan interactive model. Penerapan pembelajaran IPA dalam kurikulum Merdeka sudah berjalan, namun masih diperoleh beberapa masalah terkait implementasi pembelajaran IPA dalam Kurikulum Merdeka yaitu terkait 1) kegiatan apersepsi; 2) pembelajaran berdiferensiasi; 3) asesmen diagnostik; dan 4) pembelajaran IPA dengan IPS masih diselenggarakan secara terpisah. Hambatan yang muncul pelaksanaan IPA dalam Kurikulum Merdeka adalah terbatasnya fasilitas, media, sumber belajar IPA serta belum tersedianya laboratorium. Solusi yang telah dilakukan guru memanfaatkan media dan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar.. Penelitian selanjutnya dapat difokuskan bagaimana permasalahan yan dihadapi guru dalam merancang pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran IP

 


Keywords


implementasi, IPAS, kurikulum Merdeka, berdiferensiasi

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995

Ambarwati, D., Wibowo, U., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi literatur: Peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Anjeliani, S., Yanti, L. D., Aisyah, S., Saputra, M. R., & Khoirunnisa, R. (2024). Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran(JIEPP), 4(2), 294–302. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.416

Astuti, A. D., Rahmawati, E., Evitasari, A. D., & Utaminingtyas, S. Musyadad, F. (2022). Pendampingan motivasi belajar melalui media genial pasca pandemi covid pada siswa smk muhammadiyah 2 wates. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 894–901. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3416

Bradshaw, C., Atkinson, S., & Doody, O. (2017). Employing a qualitative description approach in health Care Research. Global Qualitative Nursing Research, 4, 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/2333393617742282

Chamidin, & Muhdi, A. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 2 Kuntili Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. J u r n a l K e p e n d i d i k a N, 10(2), 287–300. https://doi.org/10.24090/jk.v10i2.8200

Ekicia, M., & Erdem, M. (2020). Developing science process skills through mobile scientific inquiry. Thinking Skills and Creativity, 36, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/Lj.V5i2.2838

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1–9. https://doi.org/DOI: 10.30595/jrpd.v3i1.11013.

Evitasari, A. D., & Utaminingtyas, S. (2024). Karakteristik dan problematika siswa sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 69–75. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20961/jpiuns.v10i2.87052

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi asesmen diagnostik dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi covid-19 di SMP/MTS wilayah menganti, gresik. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 165–170.

Fitrotunida, A. (2022). Analisis pelaksanaan pembelajaran ipas pada program sekolah penggerak di kelas iv sd negeri keturen 1 kota tegal [Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/56892

Hall, S., & Liebenberg, L. (2024). Qualitative description as an introductory method to qualitative research for master’s-level students and research trainees. International Journal of Qualitative Methods, 23, 1–5. https://doi.org/10.1177/16094069241242264

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 22–46.

Hudson, P. (2007). Examining mentors’ practices for enhancing preservice teachers’ pedagogical development in mathematics and science. Mentoring & Tutoring, 15(2), 201–217. https://doi.org/10.1080/13611260601086394

Indarta, Y., Waskito, N. J., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2

Kasman, K., & Lubis, S. K. (2022). Teachers’ performance evaluation instrument designs in the implementation of the new learning paradigm of the merdeka curriculum. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(3), 760–775. https://doi.org/10.33394/jk.v8i3.5674

Kemendikbudristek. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) fase A – fase C untuk SD/MI/program paket A. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13. CP IPAS.pdf

Krishnaswamy, K. N., Sivakumar, A. I., & Mathirajan, M. (2012). Management research methodology integration of principles, methods and techniques. Pearson Education, Inc.

Maryani, I., Hasanah, E., & Suyatno. (2023). Asesmen diagnostik: Pendukung pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Penerbit K-Media: Yogyakarta. https://eprints.uad.ac.id/51651/1/Asesmen Diagnostik_Ika Maryani%2C dkk.pdf

Mulyani, N. S. R. D., Rahmawati, E., Astuti, A. D., Ibrahim, Y. A., Utaminingtyas, S., & Evitasari, A. . (2024). Edukasi motivasi belajar dalam keragaman budaya dengan menggunakan media powtoon. Intan Cendekia (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 5(1), 1–9. https://doi.org/10.47165/intancendekia.v5i1.527

Nopriyeni, Prasetyo, Z. K., & Djukri. (2019). The implementation of mentoring based learning to improve pedagogical knowledge of prospective teachers. International Journal of Instruction, 12(3), 529–540. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2019.12332a

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Dewi, D. K., & Agustina, L. (2020). Apersepsi berbasis lingkungan sekitar sebagai pemusatan fokus pembelajaran biologi selama pembelajaran daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8–17.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip pengembangan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction). Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Rahmi, P. (2019). Pengenalan sains anak melalui permainan berbasis keterampilan proses sains dasar. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 43–55. https://doi.org/10.22373/bunayya.v5i2.6389

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(3).

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.

Salirawati, D. (2018). Smart teaching solusi menjadi guru profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka belajar: kajian literatur. KonferensiNasional Pendidikan I, 183–190. https://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33/33

Sugiarto, S., Adnan, Aini, R. Q., Suhendra, R., & Ubaidullah. (2023). Pelatihan impelemtasi asesmen diagnostik mata pelajaran bahasa indonesia bagi guru sekolah dasar di kecamatan taliwang. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 76–80. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/226/191

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D. Alfabeta.

Sumarmi, S. (2023). Problematika penerapan Kurikulum Merdeka belajar. Sosial Science Academic, 1(1), 94–103. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3193

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., Alhapip, L., Anggraena, Y., Maisura, R., Amalia, N. R. A. S., Solihin, L., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711503412_manage_file.pdf

Waruwu, V. A., Telaumbanua, M. T., Nazara, K., Telaumbanua, Y. J., Daeli, Y., Lase, A., Mendrofa, Y. P., Harefa, L. J., & Hafera, E. (2024). Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar ipa peserta didik kelas vi sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(2), 265–273. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i2.23319

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597

Wilinny, Halim, C., Sutarno, Nugroho, N., & Hutabarat, F. A. M. (2019). Analisis komunikasi di pt. Asuransi buana independent medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1), 1–10.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2019). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.

Yantoro, Setiyadi, B., Febianti, D., Azilla, M. D., & Pratiwi, N. A. (2023). Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 187 Teratai. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 9(6), 6494–6498. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v8i1.16681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.