PENERAPAN TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA HOLE IN ONE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN Lidah Wetan 4 melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan bantuan media permainan Hole in One. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, 55,56% peserta didik mencapai kategori motivasi tinggi, sementara pada siklus II, jumlah ini meningkat menjadi 77,78%, dengan tambahan 11,11% peserta didik yang mencapai kategori sangat tinggi. Penerapan model Team Games Tournament dengan media Hole in One terbukti dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif di sekolah dasar
Kata Kunci: motivasi belajar, Team Games Tournament, media pembelajaran, Hole in One, matematika
Full Text:
PDFReferences
Asih, J. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT) Siswa Kelas Vi Sd Negeri 002 Teluk Nilap Kubu Babussalam. Jurnal Pajar, 1(November), 174–180.
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43.
Berly, M. (2023). Peran Media Pembelajaran Siswa Di Kelas. 1–6.
Dedi Lesmana, K., & Made Suarjana, I. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran TGT. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 49–56.
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Mikraj. Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(1), 981–990.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Edisi : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325.
Mardhiyah, H., Zahara, H., Maulana, I., & Gusmaneli. (2024). Hubungan Teknik Umpan Balik Dengan Motivasi Belajar Siswa. Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(3), 37–52.
Miranti, I. S., & Sanoto, H. (2023). Implementasi Model Pembelajran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Pulutan 02 Salatiga. 09(September)
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Vii(112), 91–96.
Santosa, D. S. S. (President U. (2018). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran. Statistical Field Theor, 53.
Susanto, D. A. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Tuko. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4.
Tria, F. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Berbantuan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sdn 003/Ix Senaung.
Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 01.
Walanty, P., & Agusdianita, N. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7(1), 55–64.
Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran Guru Dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 201–208.
Yulianto, D. E., & Puspita, A. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA (Benda-Benda Di Sekitar Kita) Di SDN 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2020/20. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.15948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.