HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL STAD

Mustaqinul Jannah, Joko Sulianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievemen Division) pada materi operasi hitung campuran di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas III A dan 25 siswa kelas III B SD Negeri Dongos 04 Jepara. Penggunaan model pembelajaran STAD meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung campuran

Keywords


Hasil Belajar, Operasi Hitung Campuran, Model STAD

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Isjoni. 2014. Coopertive Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar

Berkelompok. Bandung: Alfabeta

Indah Sari, Abdullah Aziz. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Elastisitas Kelas XI SMAN 1 Gedangan.http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/artic

le/9767/32/article.pdf. Jurnal. Diakses 8 November 2018.

Kuruniawati, Eri. 2016. “Keefektifan Model Pembelajaran CTL dan STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Sendangguwo 01 Semarang”.Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model

Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena

Mustika, Christianti Aniek. 2013.Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan. http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/in dex.php/jurnal_pendas/article/downloa d/669/454. Jurnal. Diakses 7 November 2017.

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Raja Grafindo Persada

Slavin, Robert E, 2010. Coopertive Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Trianto. 2007. Model-model pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.