PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR INPRES ILIGETANG

Hermus Hero, Maria Ermalinda Sni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di Sekolah Dasar Inpres Iligetang tahun ajaran 2016/2017. Selain itu tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menyadarkan para orang tua wali siswa kelas V Sekolah Dasar inpres Iligetang Tahun Ajaran 2016/2017 agar menerapkan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Iligetang Maumere yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 15 perempuan. Sumber data berasal dari guru dan orang tua siswa atau wali. Teknik pengambilan sampel sebagai sumber data dalam penelitian adalah snowball sampling. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik keabsahan konstruk, keabsahan internal, keabsahan eksternal dan reliabilitas. Prosedur penelitian melalui 3 tahap yaitu tahap penjajagan, eksplorasi dan tahap member chek . Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui peran orang tua dalam belajar siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa menunjukan suatu hasil yang positif dari sebelumnya. Terbukti dari nilai-nilai yang diperoleh di kelas dan juga melalui tugas yang diberikan oleh guru. Simpulan penelitian ini adalah penerpan peran orang tua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


Peran Orang Tua, motifasi belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Agency, Beranda. (2015). Mengasuh Dan Mendidik Buah Hati Tanpa Kekerasan. Jakarta: PT. Alex Media.

Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Irham Muhamad. 2014 Bimbingan Konseling. Ar-Ruzz Media

Iriani, Dewi. (2014). 101 Kekerasan Dalam mendidik Anak. Jakarta: Elex Media,

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dirman. (2014). Teori Belajar Dan PrinsipPrinsip Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta,

Hairuddin, Enni. (2014). Membentuk karakter anak dari rumah. Jakarta: PT. Elex Media

Mudjiono (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Novi, B. (2014). Kebiasaan-Kebiasaan Buruk Sehari-Hari. Yogyakarta: Flashbooks

Raho, Bernad. (2003). Keluarga Berziarah Lintas Zaman. Ende: Nusa Indah

Sardiman A. M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung:

Tridhonanto. (2014). Mencetak Anak Cerdas Dambaan Orang Tua. Jakarta: Elex Media

Van Tiel, Julia Maria (2014). Antologi Anak. Jakarta: Gramedia Widiasarana

Wiyono, Edi. (2014). 37 Kebiasaan Orang Tua Yang Menghasilkan Perilaku Buruk Pada Anak. Jakarta: Grasindo

Yohanes Paulus II Paus. (1981). Ensiklik Familiaris Consortio, R.Hardawiryana: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.