ANALISIS KETERAMPILAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATERI BANGUN RUANG

Regita Indah Pertiwi, Indhira Asih Vivi Yandari, Firdaus Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan numerasi peserta didik kelas V SD pada materi bangun ruang di SDN Tembong 2, Kota Serang. Fokus penelitian untuk mengetahui keterampilan numerasi peserta didik mencakup kemampuan merumuskan masalah, menerapkan konsep, menafsirkan jawaban serta menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keterampilan numerasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan 28 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi hasil latihan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan numerasi peserta didik dalam pemahaman konsep dasar dan keterampilan numerasi peserta didik kelas V masih rendah, hasil rekapitulasi nilai latihan secara keseluruhan mengindikasikan bahwa keterampilan numerasi secara umum masih belum merata. Pada latihan 1 memiliki tingkat kelulusan yang tinggi (89%) sedangkan latihan 2, kelulusan menurun drastis menjadi (60,71%). Rata-rata nilai pada latihan 1 adalah 84,5, sementara pada latihan 2 adalah 71,89. Pembelajaran numerasi pada materi bangun ruang balok dan kubus sudah baik. Ketika peserta didik dihadapkan soal latihan mengidentifikasi bangun ruang dengan warna, peserta didik tampak lebih antusias dan mudah memahami soal karena lebih visual dan konseptual. Sebaliknya ketika peserta didik diberikan soal menghitung volume balok dan kubus, memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep dasar dan hitungan bangun ruang balok dan kubus. Faktor pendukung keterampilan numerasi peserta didik yaitu: lingkungan belajar yang kondusif, pemberian apresiasi dan motivasi, pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peserta didik kurang paham konsep dasar matematika, ketidak pekaan orang tua, mudah kehilangan fokus belajar.


Keywords


Keterampilan Numerasi, Peserta didik, Kelas V, Bangun Ruang

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Anggraeni, & Mukhlis. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca peserta didik di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra.

Anggraini & Setianingsih. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta didik SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEDUNESA.

Fauziyah, N. L., Trisna, N. A. P., & Maulidya, G. S. (2023). Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. SNHRP

Griethuijsen, Van, R. A., Kunst, E. M., van Woerkom, M., Wesselink, R., & Poell, R. F. (2020). Does Implementation Of Competence-Based Education Mediate the Impact of Team Learning on Student Satisfaction? Journal of Vocational Education & Training.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., ... & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi.

Hanipah, A. D., Amalia, T. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Peserta didik Belajar Aktif. Education: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan

Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar, 7(1).

Hendracipta, N. (2021). Model Model Pembelajaran SD.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman

Putri, & Yuhana. (2022). Analisis Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPMI.

Rahman, S. (2022,). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Retnoningsih, E. (2020). Model Pembelajaran Metode Driil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.n

Saidah, I., Dwijanto, D., & Iwan, J. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. 3 (1).

Siegel, D. J. (2020). The developing mind: How relationships and the brain interact to shape who we are. Guilford Publications.

Syafi’ah, A., Rusdiana, & Ikmawati. (2022). Kesulitan Peserta didik Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer. (3)




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.15614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.