ANALISIS GAYA BELAJAR DITINJAU HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MATERI BANGUN RUANG

Putri Fatih Hamama, Henry Januar Saputra, Henry Januar Saputra, Dwi S Setyowati, Dwi S Setyowati

Abstract


Gaya belajar merupakan cara belajar siswa dalam menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi yang diperoleh dari proses pembelajaran. Hasil belajar adalah sejumlah pengalaman yang diperoleh siswa yang mencakup ranah kognitif, yaitu kemampuan siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan. Dalam proses pembelajaran siswa kelas II SD N Karangrejo 02 terdapat perilaku yang bervariasi, hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas II di SD N Karangrejo 02 mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana macam-macam gaya belajar siswa kelas II SD N Karangrejo 02 terhadapd hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tahap observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa macam-macam gaya belajar siswa kelas 2 di SDN Karangrejo 02 adalah Gaya belajar visual sebanyak 7 siswa dengan persentase 46%, gaya belajar audiotori sebanyak 3 siswa dengan persentase 26%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 5 siswa dengan persentase 28%. Hasil belajar siswa kelas 2 menunjukkan nilai tertinggi diperoleh siswa dengan gaya belajar visual.


Keywords


Gaya belajar, Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2020). Gaya Belajar Siswa SMP.

Bandung: Cakra.

WAHYUNI, S. W. S., Basri, M., & Nawir, M.

(2020). Analisis Gaya Belajar Murid

Kelas IV di SDN Bette Kabupaten

Barru. Education and Human

Development Journal, 5(1), 86-90.

Sari, R. D., Saputra, H. J., Kusumaningsih,

W., & Eniwati, C. (2023). Analisis

Gaya Belajar Siswa Kelas 2 Ditinjau

Dari Prestasi Belajar Di SDN Kalicari

Innovative: Journal of Social

Science Research, 3(2), 113-124.

Adiningsih, W., & Kusumaningsih, W.

(2023). Analisis Gaya Belajar Ditinjau

Dari Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada

Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP

Subang , 9 (2), 3814-3822.

Wibowo, N. (2016). Upaya meningkatkan

keaktifan siswa melalui pembelajaran

berbasis gaya belajar di SMK Negeri 1

Saptosari. Elinvo (Elektronik,

Informatika, dan Pendidikan

Kejuruan) , 1 (2), 128-139.

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar

Siswa untuk Pembelajaran

Berdiferensiasi di SMP Negeri 23

Pekanbaru. J-Abdi: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 1(8), 1913-1922.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.14436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.