MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING

Muhammad Hulkin, Ellen Okta Divy, Sulfiani Sulfiani, Andi Prastowo

Abstract


Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memiliki peran penting dalam pendidikan anak-anak di Indonesia, terutama di lingkungan sekolah dasar. Salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas dan keterampilan siswa adalah Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) untuk mengukur dampak dari penerapannya dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) terhadap peningkatan kreativitas dan keterampilan siswa. Penelitian ini melibatkan wawancara online dengan guru di Sekolah Dasar Negeri 1 Pematang, Mesuji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dalam pembelajaran PKN memiliki dampak positif yang signifikan terhadap tumbuhnya kreativitas dan keterampilan siswa. Melalui PjBL, siswa tidak hanya memahami konsep-konsep PKN secara teoritis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan PjBL dalam pembelajaran PKN dapat efektif menumbuhkan kreativitas siswa, mengembangkan keterampilan sosial, dan memperkuat pemahaman mereka terhadap konsep PKN. Oleh karena itu, pendekatan PjBL ini sebaiknya diintegrasikan secara lebih luas dalam kurikulum PKN untuk meningkatkan kualitas pendidikan kewarganegaraan.


Keywords


Kreativitas, Keterampilan, PKN, PjBL

Full Text:

PDF

References


Afifah, Afni Nur, Nur Ilmiyati, And Toto Toto. 2020. “Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Dengan Pendekatan Stem Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” J-Kip (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) 1 (2). Https://Doi.Org/10.25157/J-Kip.V1i2.4400.

Anggraini, Putri Dewi, And Siti Sri Wulandari. 2021. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (Jpap) 9 (2): 292–99. Https://Doi.Org/10.26740/Jpap.V9n2.P292-299.

Ariska, Pinda Alrois. 2018. “Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2016-2017.” Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan 4 (1). Https://Doi.Org/10.29100/Jr.V4i1.995.

Astuti, Rini. 2020. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pengolahan Limbah Menjadi Trash Fashion Melalui Pjbl.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 8 (2): 37–41.

Banawi, Asmin. 2019. “Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning.” Biosel (Biology Science And Education): Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan 8 (1): 90–100. Https://Doi.Org/10.33477/Bs.V8i1.850.

Bisri, Mohamad. 2020. “Komponen-Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum.” Prosiding Nasional 3 (December): 99–110.

Damayanti, Ika, And Rahmawati Rahmawati. 2021. “Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Materi Pkn Kelas Tinggi Untuk Tingkat Madrasah Ibtidaiyah.” Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat) 1 (1): 35–43. Https://Doi.Org/10.56832/Pema.V1i1.27.

Fajra, Melda, Nizwardi Jalinus, Jalius Jama, And Oskah Dakhi. 2020. “Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik.” Jurnal Pendidikan 21 (1): 51–63. Https://Doi.Org/10.33830/Jp.V21i1.746.2020.

Hagi, Nanda Afrita, And Mawardi Mawardi. 2021. “Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (2): 463–71. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i2.325.

Lestari, Yuni Niki, And Marzuki Marzuki. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah Berbasis Pesantren.” Agora 8 (5): 521–33.

Lubis, Fitri Agustina. 2018. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning.” Peteka 1 (3): 192–201. Https://Doi.Org/10.31604/Ptk.V1i3.192-201.

Masgumelar, Ndaru Kukuh, And Pinton Setya Mustafa. 2021. “Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” Ghaitsa : Islamic Education Journal 2 (1): 49–57.

Mau, S., F. B. Sugiharto, And W. Widodo. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Muatan Pkn Di Sdi Fatubesi Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur.” Thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trubhuwana Tunggadewi. Https://Rinjani.Unitri.Ac.Id/Handle/071061/3128.

Maulana Arafat Lubis. 2019. Pembelajaran Ppkn (Teori Pengajaran Abad 21 Di Sd/ Mi). Samudra Biru.

Nasution, Abdulgani Jamora, Rodiatul Hasanah Lubis, Annisa Rahimah Lubis, Siti Munawwaroh, And Farhan Syaukani. 2023. “Pendekatan Pembelajaran Pkn Mis Fajar Shiddiq.” Eduinovasi: Journal Of Basic Educational Studies 3 (2): 174–79. Https://Doi.Org/10.47467/Edui.V3i2.3162.

Natty, Richard Adony, Firosalia Kristin, And Indri Anugraheni. 2019. “Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3 (4): 1082–92. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.262.

Nursarofah, Nisna. 2022. “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Merdeka Belajar.” Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (1): 38–51. Https://Doi.Org/10.33367/Piaud.V2i1.2492.

Rahayu, Retno Minarty, And Martin Bernard. 2022. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Melalui Pendekatan Problem-Based Learning.” Jpmi (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 5 (2): 567–78. Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V5i2.10235.

Rosnaeni, Rosnaeni, Sukiman Sukiman, Apriliyanti Muzayanati, And Yani Pratiwi. 2022. “Model-Model Pengembangan Kurikulum Di Sekolah.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (1): 467–73. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1776.

Sari, Rona Taula, And Siska Angreni. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal Varidika 30 (1): 79–83. Https://Doi.Org/10.23917/Varidika.V30i1.6548.

Setiawan, Lilis, Naniek Sulistya Wardani, And Trifosa Intan Permana. 2021. “Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning.” Jurnal Basicedu 5 (4): 1879–87. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1068.

Setyowati, Endah, Firosalia Kristin, And Indri Anugraheni. 2018. “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07.” Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi 1 (1): 76–81. Https://Doi.Org/10.31764/Justek.V1i1.408.

Zakiah, Nur Eva, Ai Tusi Fatimah, And Yoni Sunaryo. 2020. “Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 5 (2): 285–93. Https://Doi.Org/10.25157/Teorema.V5i2.4194.

Zulfikar, Muhamad Fikri, And Dinie Anggraeni Dewi. 2021. “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa.” Jurnal Pekan : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6 (1): 104–15. Https://Doi.Org/10.31932/Jpk.V6i1.1171.

Zulvawati, Aini, Muhammad Isnaini, And Aida Imtihana. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Islam Di Smp Muhammadiyah 4 Palembang.” Jurnal Pai Raden Fatah 1 (1): 62–67. Https://Doi.Org/10.19109/Pairf.V1i1.3011.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.14382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.