Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Penerapan Model Discovery Learning: Systematic Literature Review

Eva Kartika, Fitriana Ayu Lestari, Mela Darmayanti

Abstract


Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa di abad ke-21. Hal ini menjadikan berpikir kritis sebagai keterampilan kunci dalam menghadapi tantangan kompleks di dunia yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik dengan model PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic review and Meta-Analyses). Memanfaatkan basis data Google Scholar melalui aplikasi Publish or Perish, penelitian ini mengevaluasi 23 artikel terpilih dengan rentang waktu 2014-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis karena langkah-langkah model discovery learning berhasil diterapkan selain itu karena siswa memiliki dorongan yang muncul dalam dirinya. Guru memiliki empat peran utama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran discovery learning diantaranya guru berperan sebagai motivator, mengajak siswa untuk berpikir secara komprehensif, menghubungkan fakta yang siswa temui sendiri, dan memberikan penguatan.

Keywords


berpikir kritis; discovery learning; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Agustin, U. V. S., & Kristin, F. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas 6 Muatan Pelajaran IPS. Journal of Education Research, 4(4), 1716–1722.

Aryani, Y. D., & Wasitohadi, W. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Muatan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 34–40. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. 5.

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151–158. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.378

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. 64 | JURNAL IKA, 7(2), 64–73.

Hidayat, T., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Model Pembelaran Discovery Learning Pada Tema Indahnya Keberagamandi Negeriku. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 7(1), 1–9. http://journal.unsika.ac.id/index.php/judika

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan, 4(1), 61–67. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Linnenluecke, M. K., Marrone, M., & Singh, A. K. (2020). Conducting systematic literature reviews and bibliometric analyses. In Australian Journal of Management (Vol. 45, Issue 2, pp. 175–194). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/0312896219877678

Marwantika, A. I. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Journal of Da’wah, 1(1), 24–41. https://doi.org/10.32939/jd.v1i1.1274

Mukhlishah, I. (2022). ANALISIS Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Model Pembelajaran Discovery Learning. Islamic Elementary Education Journal2, 1(1), 45–58. https://doi.org/10.47454/IEEJ.2022.v1i1.4

Mustikaningrum, G., & Mediatati, N. (2021). Application of The Discovery Learning Model Assisted by Google Meet to Improve Students’ Critical Thinking Skills and Science Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 5(1), 30–38. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Noviarini, R. I., Banowati, E., & Sarwi, S. (2020). Discovery-Oriented Thinking Square Media to Improve Critical Thinking Skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 443, 471–474.

Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic reviews: The experiences of a PhD Student How Does a Systematic Review Differ From a Traditional Literature Review? In Psychology Learning and Teaching (Vol. 2, Issue 1). www.cochrane.org

Prasasti, D. E., Dewi Koeswanti, H., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas IV SD. Jurnal Basicedu , 3(1), 174–179. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Pratiwi, B., & Puspito Hapsari, K. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338

Sa’diyah, A., & Dwikurnaningsih, Y. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Edukasi: Junral Penelitian & Artikel Pendidikan, 11(1), 55–66. http://journal.ummgl.ac.id/nju/index.php/edukasi

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model. In International Journal of Instruction (Vol. 12, Issue 1). www.e-iji.net

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Suryaningrum, G. D., & Mawardi, M. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 222–230.

Susanti, O. I. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9, 858–867.

Triana Sari, D., Wasimatul Aula, A., Adryan Nugraheni, V., Kusnia Dina, Z., & Romdhoni, W. (2022). “Menyongsong Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila” Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa SD Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Application of Problem-Based Learning to Elementary School Students to Develop Critical Thinking Skills. Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.

Wahono, R. S. (2015). A Systematic Literature Review of Software Defect Prediction: Research Trends, Datasets, Methods and Frameworks. Journal of Software Engineering, 1(1). http://journal.ilmukomputer.org

Windarti, Y., Slameto, S., & Widyanti, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 150–155.

Wulan Dari, F., & Ahmad, S. (2020). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1469–1479.

Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis, dan Percaya Diri Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 48–58.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.13757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.