FENOMENA FULLDAY SCHOOL DITINJAU DARI ASPEK AKSIOLOGIS

Ria Eka Lestari, Azril Syamsurizal, Najlatun Naqiyah

Abstract


Program full-day school semakin populer di kalangan masyarakat modern, terutama orang tua yang memiliki banyak aktivitas, keterlibatan atau pekerjaan di luar rumah, seperti bekerja. Oleh karena itu, perlu kiranya diketahui ada apa di balik alasan orang tua terhadap fullday school sebagai pilihan pendidikan bagi putra-putrinya. Dalam tulisan ini, Pada penelitian ini mengupas fenomena tersebut dari dari sisi filsafat pengetahuan aspek aksiologis. Dalam artikel ini, digunakan metode pendekatan kualitatif dengan wawancara. Berdasarkan data yang pada penelitian ini ambil dari hasil wawancara orang tua SD Muhammadiyah Manyar Gresik Tahun Ajaran 2023/2024, diperoleh beberapa alasan yang melatarbelakangi orang tua memilih fullday school sebagai pilihan tempat pendidikan dasar enam tahun putra-putrinya, diantaranya sebagai berikut: Jumlah responden: 90 orang; (1) Sekolah yang bisa menimba ilmu umum dan ilmu agama jadi satu: 51 orang; (2) Sekaligus menjadi tempat penitipan anak karena mama papa berkarier: 19 orang; (3) Sudah terlanjur suka, jadi sudah yakin dan percaya: 12 orang; (4) Kakaknya sudah sekolah di SDMM, jadi adiknya juga: 8 orang. Berdasarkan hasil di atas, diperoleh empat kategori alasan dari aspek aksiologis, fenomena fullday school kemudian membuat pelaku pendidikan menangkap semua keberagaman pola pikir orang tua yang menjadi wali muridnya sehingga ada beberapa pola pikir yang perlu diluruskan, misalnya perlu penjelasan terkait peranan pendidikan formal dan informal.


Keywords


Fenomena, Full Day School, Aksiologis, Pendidikan dasar, Filsafat

Full Text:

PDF

References


Adian, D. G., & Lubis, A. Y. (2011). Pengantar Filsafat Ilmu Pengetahuan: Dari David Hume sampai Thomas Kuhn. Penerbit Koekoesan.

Alfiansyah, A., Karo, P., Usman, K., Sari, L. P., Dewi, R., Simangunsong, B. A., & Medan, U. N. (2020). Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan HASIL PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PADA SEKOLAH FULL RESULT OF THE FORMATION OF STUDENT CHARACTERS IN Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan. 2.

Amaliya Nasucha, J., Khoirotun, U., Rachmawati, E., & Kalam Mollah, M. (2022). Penerapan Full Day Scholl Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. … Pendidikan Islam, 12(17), 35–51. https://doi.org/10.54180/elbanat.2022.12.1.35-51

Desinta, M., Priyadi, A. T., Djudin, T., Jpdp, E. P., Desinta, M., Priyadi, A. T., Djudin, T., & Purwaningsih, E. (2023). PENGARUH PERHATIAN DAN MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP SEKOLAH DASAR Pendahuluan Pendidikan merupakan aset bagi perkembangan suatu Pendidikan mempunyai fungsi dan bangsa yang penting bagi perkembangan dan kemajuan suatu Adanya pendidikan yang terencana dengan. 9(2), 518–534.

Ewing, A. C., & Fauzan, U. (2003). Persoalan-persoalan mendasar filsafat. Pustaka Pelajar.

Fadilatul, M. (2015). Penerapan full day school untuk membentuk akhlak siswa siswi MI Ma’arif Cekok Babadan Ponorogo. 1–44. http://etheses.iainponorogo.ac.id/912/1/Abstrak%2C BAB I-II.pdf

Hawi, A. (2015). Sistem Full-Day School di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Studi Kasus di Izzudin Palembang. E-Jounal Universitas Islam Negeri Raden Fatah, 14(16), 71–87.

Melati, R., Priyadi, A. T., Djudin, T., & Jamiah, Y. (2023). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Pendahuluan Pendidikan merupakan bagian integral Berdasarkan manusia sudut sebagai makhluk yang berpikir dan pendidikan kehidupan mutlak terutama di era globalisasi saat ini . . 9(2), 479–494.

Nurjanah, L. (2017). Implementasi Fullday School dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Pare Tahun Ajaran 2016. IAIN Kediri.

Pernyataan, P., & Hakim, Z. (n.d.). ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SMPIT ROBBANI KENDAL.

Soapatty, L. (2014). Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) Terhadap Prestasi Akademik Siswa Smp Jati Agung Sidoarjo. E-Journal UNESA, 2(2), 719–733. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/7860

Weber, M. (2009). From Max Weber: essays in sociology. Routledge.

Wicaksono, A. G. (2018). Fenomena Full Day School Dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.12

Yahya, M. S. (2019). Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i1.13369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.