EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS 6 SD

Nanda Muftia Dewi, Firosalia Kristin

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Head Together lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS siswa kelas 6 SD. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 SD pada Gugus Mawar Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 25 siswa dari SD Plumbon 1, dan 21 siswa dari SD Kebowan 2. Hasil pengolahan data menggunakan uji T-test yang menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPS Siswa kelas 6 SD. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai referensi guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.


Full Text:

PDF

References


Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 65-77.

Armidi, Ni Luh Sri. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD.” Journal of Education Action Research 6(2):214–20.

Irviana, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar IPS siswa SD. Journal of EST, 2(1), 56-70.

Maulina Siregar, Abdul Hasan Saragih, Julaga Situmorang. 2019. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Dengan Student Teams Achievment Division Dan Kecerdasan Ganda Terhadap Hasil Belajar IPS.” Jurnal Teknologi Pendidikan 12(1):75–87.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2021). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165-177.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model project based learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Robiyanto, A., & Astuti, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 6(3), 727-741.

Rohmah, Fatmawati Dwi. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together(NHT) Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun Ke-9 2020 (20).

Saputra, H. (2020). Kemampuan berfikir kritis matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2, 1-7.

Untari, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Team Game Tournament (TGT) Pada Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 546-550.

Vivi Muliandari, Putu Tia. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika.” International Journal of Elementary Education 3(2): 132.

Widyastuti, D., & Astuti, S. (2020). Efektivitas Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 4 SD Gugus Imam Bonjol. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), 76-83.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.

Yuono, Heru. 2015. “Pengaruh Teknik Cooperative Learning Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS.” Jurnal Pendidikan Dasar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i2.12704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.