PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN JUMAT IBADAH TERHADAP MORAL RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS V DAN VI DI MI AL-ABRAR MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan Jumat ibadah (2) Gambaran moral religius peserta didik (3) Pengaruh Penanaman nilaipendidikan islam melalui kegiatan jumat ibadah Terhadap moral religius peserta didik kelas V dan IV diMI Al-Abrar Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah kesuluruhan sampel yang digunakan adalah 40 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil uji variabel berdasarkan hasil uji variabel penanaman
nilai pendidikan islam memiliki nilai koefisien yang bernilai positif sebesar 0,270, memiliki nilai t-hitung sebesar 2,058 > t-tabel 2,028, serta nilai signifikan sebesar 0,054 < 0,05. Hal ini mengartikan bahwavariabel penanaman nilai-nilai pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap moral religius peserta didik, serta membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Konstribusi pengaruhpenanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui kegiatan Jumat ibadah terhadap moral religius pesertadidik kelas V MI Al-Abrar Makassar yakni sebesar 90,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anata I. (2015) “Jurnal Pendidikan Pancasil
Dan Kewarganegaraan: Tahapan
Perkembangan Moral Santri Mahasiswa
Menurut Lawrence Kohlberg.
Ade Imelda Frimayanti (2015) “ jurnal
Pendidikan islam :Implementasi
Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan
Agama Islam.
Ayesi N.L (2021) “Peningkatan Nilai-Nilai
Agama Dan Moral Melalui Metode
Demonstrasi Di Raudatul Athfal Al-
Ulya Bandar Lampung.
Bekti T.A & Mustaidah. (2017) “Jurnal
Penelitian: Identifikasi Nilai-Nilai
Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan
Masyarakat Pada Pnpm Mandiri.
Hadi M (2014). Jurnal Al-Ta’dib:Urgensi
Pendidikan Moral Dalam Membentuk
Kepribadian Anak.
Ilham H. (2017) “Jurnal Moral
Kemasyarakatan: Pengaruh
Pengetahuan Moral Terhadap Perilaku
Moral Pada Siswa SMPN Kota
Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan
Orang Tua
Nurhabibah, (2018) ”Penanaman Nilai-Nilai
Keislaman Dalam Keluarga di
Lingkungan Lokalisasi Pasar Kembang
Yogyakarta”, Tadris.
Parnono. (1995) Jurnal Filsafat: Nilai Dan
Norma Masyarakat.
Rubini. (2019) “Jurnal Komunikasi Dan
Pendidikan Islam: Pendidikan Moral
Dalam Perspektif Islam.
Sahmiar P. (2011) “Jurnal Al-Hikmah:
Membangun Moralitas Melalui
Pendidikan Agama.
Sudirman N. dkk. (1989) Ilmu Pendidikan,
(Cet. III; Bandung: Remadja Karya)
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi.
Bandung: Alfabeta. 2008
Supangat (2017), Thesis:Penanaman Nilai
Moral Melalui Pendidikan Agama Pada
Anak Di Madrasah Diniyah Babussalam
Mojopahit Punggur Lampung Tengah”
Tri S. (2016) “Jurnal Pendidikan Sekolah
Dasar: Internalisasi Pendidikan Nilai
Dalam Pembelajaran (Upaya
Menciptakan Sumber Daya Manusia
Yang Berkarkter).
Vidya T.N & Iwan W.W (2014) “ Jurnal
Psikologi Kepribadian Dan Social:
Hubungan Antara Sikap Terhadap
Religiusitas Dengan Sikap Terhadap
Kecenderungan Perilaku Seks Pranikah
Pada Remaja Akhir Akhir Yang Sedang
Berpacaran Di Universitas Airlangga
Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.