EKSPLORASI NILAI BUDAYA MAYARAKAT SUKU MANDAR UNTUK MATERI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Eka wahyuni, Suherman Suherman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil eksplorasi nilai budaya masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene sehingga, memperoleh hasil analisis hubungan etnomatematika yang ada pada masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene dengan materi matematika SD, mendeskripsikan pengintegrasian etnomatematika yang ada pada budaya masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene dalam suplemen Bahan Ajar matematika SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan etnomatematika pada budaya masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene yang di eksplor berupa Kesenian, Permainan Tradisional, Makanan Khas, Kegiatan Nelayan, Sarung Sutera, Museum Mandar. Etnomatematika yang diperoleh  berelasi dengan materi matematika  SD antara lain yaitu,  Penjumlahan dan Pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99, Bangun Datar Sederhana dan  Bangun Ruang Sederhana, Pecahan Sederhana, Lama Waktu Suatu Kejadian (satuan waktu), Kelipatan Suatu Bilangan dan Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan, Simetri Lipat dan Simetri Putar, Pengukuran Tidak Baku (satuan panjang, satuan isi, satuan berat), Keliling Bangun Datar (Persegi, Persegi Panjan, dan Segitiga), Penyajian Data, Posisi Benda Terhadap Mata Angin. Berdasarkan validasi bahan ajar matematika SD yang diintegrasi dari etnomatematika termasuk kategori sangat baik

Keywords


Budaya, Suku Mandar, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Abbas, A. 2015. Membaca ulang Mandar. Makassar: philosophia press

Alimuddin, R. 2017. Laut, ikan dan tradisi kebudayaan bahari Mandar. Pambusuang: Teluk mandar kreatif.

Dahlan, M. 2013. “Filsafat Sarung Sutera Mandar (Lipaq Saqbe) & Tenaga Kerja Wanita”. Program Magister Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakan Universitas Airlangga.

Jediut, M. 2016 ”Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Satar Mese Dan Hubungannya Dengan Konsep Matematika Sekolah Dasar” Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Unnes.

Muleong, L. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Orton, A. 2004. Learning Mathematics: Issues, Theory and Classroom Practice. New York: Continuum.

Suarjana, I M., Suharta, I G. P., & Japa, I G. N. 2014. ”Etnomatematika Sistem Kalender Bali”. Makalah. Seminar Nasional Riset Inovatif Ke-2 Lembaga Penelitian Universitas Ganesha. Bali, 21-22 November 2014.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.