IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGADAAN BERAS BADAN URUSAN LOGISTIK DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN DI KABUPATEN PINRANG

Ummi Kalsum, Muhammadiah Muhammadiah, Anwar Parawangi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kebijakan Pengadaan Beras Badan Urusan Logistik Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Di Kabupaten Pinrang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jumlah informan 11 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu bentuk implementasi kebijakan Pengadaan Beras Badan Urusan Logistik dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Di Kabupaten Pinrang yaitu; 1) Komunikasi, hubungan komunikasi Perum BULOG Cabang Pembantu Pinrang dengan instansi lain sudah berjalan dengan baik, termasuk dengan mitra kerja yaitu pengusaha kilang padi yang selalu berkoordinasi dan berkomunikasi langsung kepada BULOG terkait harga beras. 2) Sumber Daya, dalam hal ini sumber daya masih kurang memadai termasuk sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya yaitu fasilitas masih kurangnya alat-alat mesin yang bisa menghasilkan beras premium. 3) Disposisi, kemampuan Perum BULOG Cabang Pembantu Pinrang belum maksimal dalam mengotrol dan mengkoordiasi kegiataan pengadaan beras BULOG, sehingga Perum BULOG melakukan pendidikan dan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial dalam pengadaan beras. 4) Struktur Birokrasi, Perum BULOG Cabang Pembantu Pinrang dalam menjalankan kebijakan pengadaan beras sesuai dengan tupoksi masing-masing bidang terkait kebijakan tersebut.


Keywords


Implementasi Kebijakan, Pengadaan Beras, Ketahanan Pangan

Full Text:

PDF

References


Lutfi Alifia, 2001, Implementasi Program Peningkatan Ketahanan Pangan (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Blitar), Jurnal Ilmiah Adminnistrasi Publik, Volume 2 No 3 Tahun 2011.

Langkai, Jeane Elisabeth. (2020). Kebijakan Publik. Malang-Jawa Timur Indonesia; CV. Seribu Bintang.

Nuraini (2013). Meningkatkan Ketahanan Pangan dalam masyarakat (studi:sinergi kelembagaan dalam implementasi kebijakan pengadaan beras di Kab Banyumas). Sawala jurnal administrasi negara, ii, (2), hlm 11-18.

Purwanto E.A Sulistyastuti D.R, 2002, Implementasi Kebijakan Publik, Konsep dan Implementasinya di Indonesia, Gava Media, Yogyakarta.

Suaib Muhammad Ridha. 2016. Pengantar Kebijakan Publik : Dari Administrasi Negara, Kebijakan Publik, Pelayanan Publik, Good Governance Hingga Implementasi Kebijakan, Yogyakarta: Candi Kebang.

Suharsono, A.G, 2005. Analisis Kebijakan Publik, Konsep, Teori dan Aplikasinya. Pustaka pelajar. Yogyakarta.

Pemerintah Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Perum BULOG : BULOG dalam Pilar Ketahanan Pangan (http:www.bulog.co.id/ketahananpangan.php.acses.02/02/2020)

Parawangi, Anwar. 2011. Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah Di Kabupaten Bone). Disertasi, Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nugroho, Riant. 2020. Model-Model Perumusan Kebijakan Publik. Jakarta Selatan: Yayasan Rumah Reformasi Kebijakan.

Mustari Nuryanti. (2015). Pemahaman Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: LeotikaPrio.




DOI: https://doi.org/10.26618/jppm.v3i2.6582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter