INOVASI PELAYANAN “LARAKU NYATA” BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN BULUKUMBA

Bau Sri Sudarni, Ihyani Malik, Haerana Haerana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Inovasi Pelayanan “Laraku Nyata” bagi Penyandang Disabilitas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Adapun jumlah informan dalam penelitian ini adalah 4 orang. Data tersebut dianalisis secara interaktif yang berlangsung secara terus menerus sampai tuntas hingga data yang didapat sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pelaksanaan inovasi pelayanan “Laraku Nyata” bagi penyandang disabilitas di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba telah memberikan banyak dampak yang signifikan bagi penyandang disabilitas. Kemudahan dalam melengkapi data-data kependudukan, bantuan-bantuan sosial, kesehatan didapatkan oleh penyandang disabilitas selain itu Inovasi ini telah mampu dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional dan layak dikatakan sebagai Inovasi Pelayanan Publik dengan terpenuhinya ciri-ciri/atribut yang harus dimiliki oleh setiap inovasi pelayanan publik yang dibentuk.


Keywords


Inovasi, Pelayanan, Penyandang Disabilitas

Full Text:

PDF

References


Anggraini, M.D. Dkk. (2017). Inovasi Pelayanan SAKINA di Puskesmas Sempu Kabupaten Banyuwangi. Jurnal E-SOSPOL, 6(2): 75-81.

Angraini, N dan Utomo, S.D. (2016). Inovasi Pelayanan Publik Bagi Disabilitas. Jakarta Selatan: Pattiro.

Anggraeny, Cindy. (2013). Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Jagir Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 1(1): 85-93.

Atthahara, Haura. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis E-Government: Studi Kasus Aplikasi Ogan Lopian Dinas Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Politikom Indonesiana, 3(1): 66-77.

Basri, Z. (2018). Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui Program Brigade Siaga Bencana (BSB) di Kabupaten Bantaeng. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Cahyaningrum, A dan Nugroho, R.A. (2019). Inovasi Pelayanan melalui Aplikasi “Dukcapil dalam Genggaman” oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta. Jurnar Administrasi Publik, 7(2): 103-115.

Djumara. Dkk. (2009). Standar Pelayanan Publik. Jakarta: Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN.

Irwanto, Dkk. (2010). Analisis Situasi Penyandang Disabilitas di Indonesia: Sebuah Desk-Review. Pusat Kajian Disabilitas. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok.

Kurniawan, Cahyadi. R. (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Jurnal Fiat Justisia, 10(3): 569-586.

Lestari, Dkk. (2017). Pemenuhan Hak Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Semarang Melalui Implementasi Convention On The Rights Of Persons With Disabilities (CPRD) Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Integralistik, 27(1): 1-9.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Pertama: Tepri dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Nurdin, Ismail. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Sahabat Cendekia.

Pebriani, V dan Rohman, Abd. (2019). Analisis Inovasi Pelayanan Publik Gesit Aktif Merakyatnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (GAMPI) Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8(1): 122-128.

Sellang, Kamaruddin. (2016). Administrasi dan Pelayanan Publik Antara Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ombak.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sururi, Ahmad. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Publik Policy Governance. Jurnal Spirit Publik, 12(2): 14-31.

Taufiqurokhman dan Satispi, Evi. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. Tangerang Selatan: UMJ Press.

Tahir, Muchlas dan Harakan, Ahmad. (2017). Inovasi Program Kesehatan 24 Jam dalam Mewujudkan Good Health Care Governance di Kabupaten Bantaeng. Jurnal Imiah, 2(1): 13-22.




DOI: https://doi.org/10.26618/jppm.v3i2.6579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter