MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA DI DESA BULO-BULO KECAMATAN ARUNGKEKE KABUPATEN JENEPONTO

M. Hasan, Muhlis Madani, Fatmawati Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses penyelenggaraan Musrenbang Desa di Desa Bulo-Bulo dari tahapan Pra Musrenbang Desa sampai dengan Pasca Musrenbang Desa, faktor pendukung dan penghambatnya secara kualitatif. Metode yang digunakan adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa proses penyelenggaraan Musrenbang Desa di Desa Bulo-Bulo tidak berjalan maksimal sebagaimana mestinya, dan tidak mencerminkan perencanaan desa yang partisipatif, akomodatif, dan demokratis. Terdapat pula faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Musrenbang Desa di Desa Bulo-Bulo. Faktor pendukung yaitu: (1) Kesadaran dan kemauan warga, (2) Kemampuan dan kesempatan warga, (3) Kekerabatan dan kekeluargaan, (4) Jenis kelamin, (5) Tingkat pendidikan. Sedangkan faktor penghambat, meliputi: (1) Sosialisasi yang tidak berjalan, (2) Egosentris individu atau kelompok (3) Pengetahuan dan keterampilan (SDM) Aparatur Desa yang terbatas, (4) Pembatasan jumlah peserta Musrenbang, (5)  Perbedaan sikap dan pandangan politik.


Keywords


Musyawarah, Perencanaan, Pembangunan Desa.

Full Text:

PDF

References


Ayi, Karyana, Aisyah, Siti. 2010. Pengorganisasian Musyawarah Perencanaam Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) di Desa Kalongsawah Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dharmawan, A, H. 2002. Pengembangan Komunitas dan Pedesaan Berkelanjutan. Bogor: Fak. Pertanian IPB.

Freyer, J. Lynn and Gene, Rowe. 2004. Evaluating Public-Participation Exercies: A Research Agenda. Science, Technology, & Human Values. Jurnal: Vol. 29, No. 4, pp. 512-557, diakses 21 April 2016.

Madani, Muchlis. 2011. Dimensi Interaksi Aktor Dalam Proses Perumusan Kebijakan Publik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riyadi, dkk. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah, Strategi Menggali Potensi Dalam Mewujudkan Otonomi Daerah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutoyo, Eko. 2005. Manifesto Pembaharuan Desa: Dari Pembangunan Masyarakat Ke Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: APMD Press.

Regulasi

UU No. 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah

UU No. 25 Tahun 2004 tentang SPPN

UU No. 06 Tahun 2014 tentang Desa

Permendagri No. 66 Tahun 2007 tentang Perencanaan Pembangunan Desa

Permendagri No. 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa

Surat Edaran Bersama (SEB) Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional dan Menteri Dalam Negeri Nomor: 0008/M.PPN/I/2007




DOI: https://doi.org/10.26618/jppm.v2i1.3603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Flag Counter