Penyelesaian Sengketa dalam Hukum Ekonomi Islam

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini membahas tentang hukum Islam ekonomi yang mana sekarang ini pertumbuhan ekonomi sudah sangat berkembang sesuai dengan era sekarang ini, sehingga masyarakat pun merasa kesulitan dalam penyelesaian permasalahan antara ekonomi Islam klasik dengan ekonomi konvensional. Dalam penulisan ini penulis membatasi dua pokok masalah pertama: Bagaimanakah cara penyelesaian masalah ekonomi tradisi Islam klasik?, dan kedua bagaimana penyelesain ekonomi syariah dalam hukum positif Indonesia?. Tujuan penulisan ini untuk dapat membedakan cara penyelesaian masalah ekonomi dengan menggunkan tradisi klasik dan hukum positif Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah library reasearch dengan menggunkan dua pendekatan yaitu pendekatan normatif dan yuridis. Dan hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Bahwa dalam menyelesaikan permasalah Sengketa Ekonomi Syari’ah Berdasarkan Tradisi Islam Klasik dapat ditempuh dengan cara yaitu Al Sulh (Perdamaian),Tahkim (artbitrase) dan Wilayat al Qadha (Kekuasaan Kehakiman) (2) Penyelesaian Sengketa Ekonomi Syariah Berdasarkan Tradisi Hukum Positif Indonesia dapat di tempuh dengan cara: Perdamaian dan Alternatif Penyelesaian Sengketa (ADR) dan Arbitrase (Tahkim)


Full Text:

PDF

References


Harahap, M. Yahya. 1989. Kedudukan Kewenangan dalam Acara Peradilan Agama UU No.7 Tahun 1989. Jakarta: Sinar Grafika.

Lubis, Suhrawardi K. 1999. Hukum Ekonomi Islam. Jakarta: Sinar grafika.

Margono, Suyud. 2000. ADR dan Arbitrase Proses Pelembagaan dan Aspek Hukum. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mudzakkir AS. 1989. Ekonomi Islam Masa Kini. Bandung: Husaini.

Muhaemin. 2006. ”Kesiapan Pengadilan Agama Tangani Sengketa Ekonomi Syari’ah”, Dalam Republika On Line, diakses tgl 4 Desember 2009.

Muhammad Ibnu Farhum. 1031. Tabsirah al Hukkam fi Ushul al Qhadhiyah wa Manahij al Ahkam. Darr al Maktabah al Ilmiah. Jilid I. Libanon: Bairut.

Al-Munawar, Said Agil Husin, Haji. 2003. Fikih Hubungan Antara Agama/ Al Munawar, Haji Said Agil Husin/ Abdul Halim Ramli A. Wahab, Irfansyah (Peny.). Jakarta: Ciputat Press.

Munawir, A.W. 1984. Kamus Arab – Indonesia al-Munawir. Yogyakarta: Pon-Pes al-Munawir.

Undang-Undang Ekonomi Syari’ah. 2009. Bandung: Fokus Media.

Zuhaily, Wahbah al. 2006. al-Fiqhul Islamy Wa Adillatuhu. Terjemahan, Bandung: C.V. Pustaka Media Utama.




DOI: https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 nurhayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Hukum Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats