Implementasi Pembelajaran Kolaboratif Dalam Kelas Bahasa Arab (Studi Tindakan Pada Mahasiswa Tingkat Lanjutan)

Mardiana Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kolaboratif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab mahasiswa tingkat lanjutan awal. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) pada mata kuliah Bahasa Arab Lanjutan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan tes keterampilan bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa, kemampuan berbicara (mahārah fī al-kalām) dan pemahaman struktur kalimat bahasa Arab (mahārah fī tafhīm tarkīb al-kalimah/jumlah). Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pendekatan kolaboratif dalam pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab di perguruan tinggi


Keywords


Pembelajaran Kolaboratif, Bahasa Arab, Mahasiswa Tingkat Lanjutan

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan Akademik Universitas 17 Agustus 1945. (2024). Panduan Metode Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif. Surabaya: Universitas 17 Agustus 1945.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. (2008). Edisi Keempat. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Diana, Purwati Zisca. (2020). Collaborative Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: T.tp.

Gunani, Partiwi Sri,dkk. (2023). Panduan Implementasi Pembelajaran Berpusat Pada Mahasiswa. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Herdah (2020). Kolaborasi dan Elaborasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Parepare: IPN Press (IAIN Parepare Nusantara Press).

Husain,Rusmin. (2020). Penerapan Model Kolaboratif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo (7) 14.

Ntobuo, Nova Elysia. (2018). Model Pembelajaran Kolaboratif Jire Teori dan Aplikasi. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.