Manajemen Konflik : Upaya penanganan Krisis dan Konflik di Lembaga Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanganan konflik di lembaga pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi literatur sebagai Teknik pengumpulan datanya. Data yang dikumpulkan dalam metode deskriptif ini adalah berupa kata-kata, kalimat, gambar dan perilaku. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Dalam studi ini menggungkapkan bahwa konflik akan terjadi secara alamiah baik secara individu maupun kelompok. Hal ini karena konflik memiliki muatan aktualisasi dan persaingan individu anggota Lembaga Pendidikan Islam dalam mencapai tujuan profesi dan Lembaga. Terdapat beberapa sudut pandang dalam melihat konflik yang terjadi, pertama, Secara tradisonal, konflik dianggap sesuatu yang buruk karenanya konflik sangat dihindari, kedua pandangan hubungan manusia memandang konflik sesuatu yang wajar karena dengan konflik akan memicu kinerja Lembaga, ketiga, pandangan interaksionis memandang konflik sebagai sesuatu yang positif. Strategi yang efektif digunakan untuk mengelolah konflik di Lembaga Pendidikan Islam yaitu kolaborasi, kompromi, penghindaran diri, penyesuaian diri dan negosiasi. Komunikasi merupakan kunci utama dalam mengatasi konflik dengan menjalankan fungsi komunikasi seperti fungsi kontrol, motivasi, ekspresi emosional, dan informasi.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, penanganan konflik, Lembaga Pendidikan Islam
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, Rianto, Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum., Ketiga (Granit, 2010)
Anita, Anita dkk., “Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Produktivitas Organisasi Lembaga Pendidikan Islam,” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 6.2 (2022), hal. 135–47
Binti Kholifah, Yusnia, “Manajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam,” journal Piwulang, 2.1 (2019), hal. 11, doi:10.32478/piwulang.v2i1.298
Dewanta, Siti Nurnisa, dan Udik Budi Wibowo, “Penerapan Manajemen Konflik Berbasis Sekolah Studi Kasus Di Dua Sekolah,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2.1 (2014), hal. 93–105, doi:10.21831/amp.v2i1.2412
Efferi, Adri, “Manajemen Konflik Dalam Lembaga Pendidikan,” 1.112 (2013), hal. 21–47
Ernaliza, Ernaliza dkk., “Peranan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengatasi Konflik Guru,” Journal of Education Research, 1.3 (2020), hal. 245–50, doi:10.37985/jer.v1i3.28
Fahrimal, Yuhdi, dan Safpuriyadi Safpuriyadi, “Komunikasi Strategik Dalam Penyelesaian Konflik Agraria Di Indonesia,” Jurnal Riset Komunikasi, 1.1 (2018), hal. 109–27, doi:10.24329/jurkom.v1i1.18
Hasanah, Uswatun, “Manajemen Konflik dalam Meningkatkan Kualitas Kerja pada Lembaga Pendidikan Islam,” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 10.1 (2020), hal. 1–11, doi:10.24042/alidarah.v10i1.6448
Hidayat, Della Dhienytha, dan Oktavia Wahyu, “"Komunikasi Kepemimpinan dalam Penyelesaian Konflik di Sekolah Leadership Communication in Conflict Resolution at Schools.,” Manajemen Pendidikan Islam, 09.3 (2024), hal. 310–24
Iskandar, Iskandar, “Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan,” Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4.1 (2016), hal. 23–34, doi:10.24252/kah.v4i1a2
Mulyati, Enung, dan Uman Suherman, “Strategi Penanganan Konflik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK),” Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 10.2 (2021), hal. 1–12
Nursika et al, ., “Strategi Mengelolah Konflik Siswa Oleh Guru BK Sebagai Upaya Mengelolah Manajemen Konflik Di MTsS YPK Cijulang,” Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 2.4 (2023), hal. 1275--1289
Obaid, Moh. Yahya, “Religiusitas Lembaga Pendidikan yang Berwawasan Lingkungan,” Jurnal Al-Ta’dib, 6.1 (2013), hal. 137–49
Rianse, Usman., dan Abdi., Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonmi, Cetakan ke (Alfabeta, 2009)
Robbins, Stepen P., dan Timothy A. Judge, Perilaku Organisasi, ed. oleh Dono Sunardi, 12 ed. (Salemba Empat, 2011)
Setiawan, Farid, “Mengelola Konflik di Lembaga Pendidikan Islam,” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7.1 (2018), hal. 55–66, doi:10.29313/tjpi.v7i1.3801
Syarnubi, “Manajemen Konflik Dalam Pendidikan Islam Dan Problematikanya: Studi Kasus Di Fakultas Dakwah Uin-Suka Yogyakarta,” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.1 (2016), hal. 151–78
Refbacks
- There are currently no refbacks.