Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPA SD di Kelas I K Universitas Muhammadiyah Makassar

Wahyu Hafiz Bumi Saputra, Ahmad Affandi, Junaedah Junaedah, Nadrah Elhafidy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA SD di kelas I K  Universitas Muhammadiyah Makassar.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hal ini diperlukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model ekpsperimen terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA.

            Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi bahwa mahasiswa kelas SD I K mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPA. Hasil analisis data diperoleh tingkat keberhasilan mahasiswa pada tes awal hanya 31,03%, sedangkan 68,96% lainnya belum mencapai skor KKM, kemudian setelah peneliti bersama dosen pengampu menerapkan metode eksperimen diperoleh tingkat keberhasilan mahasiswa sebesar 71,9%, sedangkan 28,1% lainnya belum mencapai skor yang diharapkan. Hal ini menunjukkan bahwa metode eksperimen memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa penerapan metode eskperimen  mampu meningkatkan hasil belajar konsep dasar IPA SD di kelas I K universitas Muhammadiyah makassar.

Keywords


Metode Eksperimen, dan Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2006. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamriani. 2010. Peningkatan Hasil Belajar IPA Perubahan Benda Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas V SDN. No. 25 Borong Uttie Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Makassar: Unismuh (skripsi tidak dipublikasikan)

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana Badan.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.