Pengaruh Pendidikan Islam di Linngkungan Keluarga terhadap Perilaku Beragama Siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang

Ratna Juita Ismail, Ferdinan Ferdinan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui Pendidikan Islam di lingkungan keluarga siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, untuk mengetahui perilaku beragama siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, untuk menngetahui pengaruh Pendidikan Islam di lingkungan keluarga terhadap perilaku bergaama siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan 16 orang siswa melalui dua variabel yaitu variabel bebas berupa pendidikan Islam di lingkungan keluarga dan variabel terikat yang berupa perilaku beragama siswa. Hasil penelitian dapat di ragkum sebagai berikut: 1). Pelaksanaan pendidikan Islam di lingkungan keluarga siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang termasuk dalam kategori “Sedang”, yaitu pada interval 27,25-30,25 dengan niai rata-rata 29,69. 2). Perilaku beragama siswa SDN 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang termasuk dalam kategori “Baik”, yaitu pada interval 26’2-29,8, dengan nilai rata-rata 28,31. 3). Pengaruh Pendidikan Islam di Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Beragama Siswa SD 165 Pudete Desa Malalin Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang yaitu memiliki pengaruh dimana dilihat pada perhitungann bahwa jumlah thitung (7,786) lebih besar dari ttabel (2,144) yang menandakan bahwa pegaruh pendidikan Islam di lingkungan keluarga terhadap perilaku beragama siswa memiliki pengaruh namun tidak signifikan.

Kata Kunci: Pendidikan Islam;  Lingkungan Keluarga; Perilaku Beragama Siswa

 


Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Mohd Athiyah, 1970. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, penerjemah: H. Bustami, Jakarta: Bulan Bintang.

Al-Qur’an Al Karim

Ancok, Djamaluddin & Fuad Anshoni, 1995. Psikologi Islami, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Astitah, A., Mawardi, A., & Nurhidaya, M. (2020). Pola Pembinaan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Peserta Didik Di Sma Muhammadiyah 1 Makassar. Pilar, 11(1).

Daradjar, Zakiah, 1982. Pendidikan Agama dalam Pembinaan Moral, Jakarta: Bulan Bintang.

Hasbullah, 2013. Dasar-dasar Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Ilyas, 2000. Yunahar, Kuliah Akhlaq, Yogyakarta: LPPI-UMY.

Junaedi, Mahfud, kiai Bisri Mustafa, 2009. Pendidikan Keluarga Berbasis Pesantren, Semarang: Walisongo Press.

Mawardi, A., Nurhidaya, M., Ulviani, M., & Alamsyah, A. (2020). Inovasi Pendidikan Karakter di Era Milenium Melalui Strategi The Nine Golden Habitsdi SMP Unismuh Makassar. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 12(2), 206-223.

Nurqalbi, N., Malli, R., & Nurhidaya, M. (2020). Peran Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pai Terhadap Pembinaan Ahlak Anak Binaan Di Desa Taeng Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Pilar, 11(1).

Sugiyono, 2010 Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfa Beta.

Thoha, Chabib, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

UU Sisdiknas No.20/2003.

Yusuf, Syamsu LN, 2008 Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.