PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN SHALAT DZUHUR BERJAMAAH PESERTA DIDIK SMA NEGERI 7 LUWU TIMUR
Abstract
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat digambarkan bahwa: 1).Kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 7 Luwu Timur untuk kelas putri yaitu dapat dikatakan baik karena guru dapat mengontrol siswa dengan cara mengabsen siswa yang melaksanakan shalat dzuhur secara berjamaah dan penyetoran hafalan satu ayat perhari. Sedangkan untuk kelas putra kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah disekolah tersebut dapat dikatakan kurang baik karena banyaknya peserta didik yang malas shalat. 2). Peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi masalah kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah peserta didik SMA Negeri 7 Luwu Timur yaitu secara aktif dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik seperti membuatkan absen berjalan dan menyetor satu ayat perhari . 3). Faktor pendukung guru pendidikan agama islam yaitu adanya motivasi serta dukungan dari kedua orangtua, kebiasaan yang ada dilingkungan sekolah SMA Negeri 7 Luwu Timur, kesadaran peserta didik dan kerjasama guru dan organisasi rohis dalam membina peserta didik dalam kedisiplinan shalat dzuhur berjamaah. Dan yang menjadi faktor pengambatnya yaitu pergaulan dilingkungan masyarakat, pengaruh alat komunikasi(android), dan kurangnya sarana dan prasarana.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam; Kedisiplinan Shalat Dzuhur Berjamaah
Full Text:
PDFReferences
Al Qur’an Al Karim
A.Darussalam. 2016. Indahnya Kebersamaan Dengan Shalat Berjamaah. Makassar
Annisa Fadillah. 2019. Perspektif Pendidikan dan Keguruan. Padang
Anwar Syaiful. 2020. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa
Basri, Khairinal dan Firman. 2021. Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Fungsi Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Merangin. Jambi
Candra Wirawan. 2018.Pendidikan agama islam. Jakarta
Erna Octavia, Ines Sumanto. 2018. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Pontianak
H. Abd. Rahman Getteng. 2011 Menuju Guru Profesional dan Ber-etika. Yogyakarta: Grha Guru
H. Fathurrahman Azhari. 2015. Qawaid Fiqhiyyah Muamalah. Banjarmasin: Lembaga Pemberdayaan Kualitas
Habibah Syarifah. 2015. Akhlak Dan Etika Dalam Islam, Jurnal Pesona Dasar
Hermawan Hary. 2018. Metode Kualitatif untuk Riset Pariwisata
Hidayat Tatang, Makhmud Syafe’I,. 2018. Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah
Hudaya Adeng. 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik, Research and Development Journal Of Education. Jakarta
Ilyas Muhammad. 2021. Hadis tentang Keutamaan Shalat Berjamaah, Jurnal Riset Agama
Indriana Wahyu Dwijayanti, Nurwahdan, Iwan. 2020. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Cirebon
Jhon Helmi, Kompetensi Profesionalisme Guru, Jurnal Pendidikan: Al-Ishlah
Kallang Abdul. 2018. Konteks Ibadah Menurut Al-Quran. Bone
Kementerian Agama RI, Alquran dan Terjemahan, Mushaf Khadijah. Jakarta
Laugi Saidah. 2019. Penerapan Tata Tertib Sekolah untuk Membangun Disiplin Siswa. Konawe
Marzuki Ridwan, Retno Triwoelandari, Kholil Nawawi. 2020. Hubungan Pelaksanaan Shalat Dzuhur Berjamaah Dengan Kedisiplinan Belajar Siswa. Bogor
Masfufah, Febriana Binti. 2014. Pembinaan Shalat Berjamaah Di SMPN 3 Kedungwaru
Nurrita Teni. 2018. Pendidikan Karakter Dan Disiplin Belajar Siswa. Jakarta
Safrida, Dewi Andayani. 2016. Aqidah dan Etika dalam biologi. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press Darussalam
Su’Dadah. 2014. Kedudukan dan Tujuan Pendidikan Agama Islam. Jurna Kependidikan. Banyumas
Umar Sidiq, Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan, ( Ponorogo, Cv. Nata Karya
Zulfiati Heri Maria. 2014. Peran Dan Fungsi guru Sekolah Dasar Dalam Memajukan Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Trihayu
Refbacks
- There are currently no refbacks.