Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasibelajar Siswa Kelas VIII Di Smp Negri 2 Bontonompo Selatan

Ulfa Raihana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan dan mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan serta Mengetahui Apa yang menjadi Faktor Pendukung dan Penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di Bontonompo Selatan, yaitu sebagai pemimpin belajar, sebagai fasilitator belajar, sebagai motivator dan sebagai contoh yang baik untuk siswanya. 2) Motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan, yaitu semangat siswa akan menurun jika guru terlalu banyak memberikan tugas tambahan serta apabila guru memberikan hukuman fisik terhadap siswa namun dari hasil penelitian yang didapatkan sejauh ini guru-guru yang ada di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan ini terutama guru Pendidikan Agama Islam tidak membebani siswanya dengan tugas tambahan dan tidak pernah memberikan hukuman fisik kepada siswa. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Meningkatkan Motivasi  belajar Siswa  kelas VIII di SMP Negeri 2 Bontonompo Selatan, yaitu yang pertama faktor pendukung seperti faktor internal atau faktor yang muncul dari dalam diri siswa itu sendiri dimana meliputi kemauan atau minat belajar sedangkan faktor eksternal yang dapat mendukung motivasi belajar siswa dari luar yaitu guru, orang tua dan masyarakat. Adapun faktor penghambat seperti faktor lingkungan meliputi keluarga, masyarakat, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sering menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Peran Guru PAI, Motivasi belajar, Siswa


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Al Karim

A.M. Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Bandung: Rajawali Pers. 2007)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010)

Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013)

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Fakultas Agama Islam, Panduan Penulisan Karya Ilmiah, (Cet-1 ; Universitas Muhammadiyah Makassar: 2019)

Ghony, M. Djunaidi. dan Fauzan Almanshur, Metode Penelitian Kualtatif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)

Ghony, M. Djunaidi. dan Fauzan Almanshur, Metode Penelitian Kualtatif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016)

Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014)

Hasil Observasi Awal 28 November 2022

Hail Wawancara 4-5 April 2023

Kementrian Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Jakarta Pusat : Samad 2014).

Khuloqo, Ihsana El. Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017)

Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015)

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Newman, Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, (Jakarta: 2013)

Sanjaya, Wina. Kurikulum Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013)

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012)

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003)

Sudarwan, Danim. Profesi Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2010)

Sugiyono, Memahami Penelitian kualitatif, (Bandung: Alfabeta,2005)

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Alfabeta, 2009).

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013)

Timotius, Kris H. Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan Untuk Perkembangan Pengetahuan, (Yogyakarta: Andi, 2017)

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.