KONSTRIBUSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD 22 TONDONG KURA KECAMATAN TONDONG TALLASA KABUPATEN PANGKEP
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 22 Tondong Kura yang berlangsung 1 bulan mulai dari februari sampai Maret 2023.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah itu data yang terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir adalah verifikasi atau menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini bahwa Inovasi Pembelajaran PAI pada Kelompok Kerja Guru (KKG) di SD 22 Tondong Kura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep adalah dengan penggunaan media, strategi dan metode dalam kegiatan belajar mengajar yang sangat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga inovasi yang diterapkan oleh guru khususnya guru PAI dalam KBM menghasilkan perubahan pada semangat belajar siswa meningkat dan bermuara pada nilai siswa diatas ratarata, semua itu berkat inovasi yang digunakan guru dalam mengelolah pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat mutu pembelajaran PAI di SD 22 Tondong Kura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep adalah adanya minat dan bakat dan motivasi serta hasil belajar yang sesuai dengan KKM karena peserta didik sangat senang bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru apa lagi di iringi dengan cara guru yang menarik seperti belajar dengan menghubungkan dengan apa yang ada dialam semesta ini maka siswa akan cepat paham dengan materi pelajaran yang diberikan, maka siswa menyukai menggunakan metode ini. Jadi apabila kita mempunyai minat pada suatu hal baik itu pelajaran maka akan bersemangat untuk belajar. dan menurut saya hal tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Konstribusi KKG PAI Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di SD 22 Tondong Kura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep adalah dengan kegiatan KKG semua guru-guru yang ikut sebagai anggota merasa sangat terbantu karena dalam forum KKG dibahas mengenai bagaimana menjadi guru yang inovatif dan menguasai PAIKEM.
Kata Kunci: Peran Wali Kelas, Karakter Siswa.
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya
A. Saman, Profesionalisme Guru. Kanisius, (Yogyakarta: 1994)
Akhyak. Profil Pendidik Sukses, (Surabaya: Elkaf. 2005).
Al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, Cet. V; (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).
Anshari al-Fatih, http://prasko 18. Blogspot.co.id/2018/04/Materi Pendidikan Agama Islam. Html, diakses pada tanggal 21 Oktober 2022.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010).
Asyhar, Rayandra, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran, (Jakarta: 2011)
Deparetemen Pendidikan Nasional. Undang Undang Guru dan Dosen, UU RI No. 14 Th.2005), (Jakarta: Sinar Grafika, 2010)
DepdikNas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, (Surabaya: Kesindo Utama, 2006)
Diknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, (Jakarta: Rineka Cipta, 2012).
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Pedoman Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI SD, (Jakarta: Departemen Agama RI, 2008)
Dirjen Pendidikan Islam, Kumpulan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan BAB IV tentang guru pasal 10, Jakarta: Departemen Agama, 2007
Emzir, Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rajawali pers, 2011)
Getteng, Abd. Rahman, menuju guru profesional dan ber-etika, (Yogyakarta: Grha Guru, 2009)
H. Al-Rasyid, Fungsi Kelompok Kerja Guru (KKG) Bagi Pengembangan Keprofesionalan Guru Sekolah Dasar. Sekolah Dasar:Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 2015.
Hadarinawi, Metode Pnenlitian Bidang Sosial, (Yogyakarta, Gajah Madjah University Press, 2017)
Ibrahim, Bafadal. Peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar, (Bumi aksara. 2006)
Ilyas, Asnely, Mendambakan Anak Shaleh, Jakarta: al-Bayan, 2010
Imam Abi Abdillah Muhammad Ibn Ismail Ibn Ibrahim Ibn Mughirah, Bardisbah Al Bukhari Al Ja’fi,shahih Bukhari, (Beirut: Dar-Al Kutb Al Ilmiyah, 1992, Juz 1)
Kementerian Agama RI, al–Qur’an dan Terjemahnya, Cet. X; (Bandung: Diponegoro, 2010).
KKG PAI Tingkat Kabupaten Cilacap, Petunjuk Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI), Cilacap: KKG PAI Cilacap, 1994
Lexy J. Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017)
M.Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Cet. V; (Jakarta: Bumi Aksara, 2000).
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Penddikan Islam, (Bandung: al-Ma’arif, 1989).
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012)
Muhajir, Noeng. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2000)
Mulyasa, Standar Kompetensi Sertifikasi Guru, (Bandung Remaja Rosda Karya, 2007)
Nata, Abuddin, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana Media Group, 2009)
Ngainum Naim, Menjadi Guru Inspriratif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2011)
Pedoman Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Pada Sekolah Dasar. Departemen Agama Jawa Timur, (Surabaya 1996/1997)
Pedoman pelaksanaan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) pada Sekolah Dasar. Departemen Agama Jawa Timur Surabaya, 1996/1997
Republik Indonesia, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional” dalam Undang-Undang Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu, 2003.
Ritonga, M., Matondang, Y., Miswan, & Parijas, Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MIN 1 Pasaman barat. ( Bandung: Jurnal ADIMAS, 2020)
Saebani, Beni Ahmad, Ilmu Akhlak, (Bandung: Pustaka Setia,2018)
Sahnan, M., & Ritonga, M. (2018). Kontribusi Komitmen Kerja Dan Iklim Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sma Kecamatan IV Jurai Pesisir Selatan. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 12(2), 417–434. https://doi.org/10.18326/infsl3v12i2.
Sanjaya, Wina, Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur Cet, (Jakarta: Prenada Media Group, 2013)
Soviawati, Studi Deskripsi Persepsi Guru terhadap Fungsi KKG (Kelompok Kerja Guru) (Issue Undergraduate thesis) [University of Surabaya]. https://doi.org/http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152022.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif dan R dan B, (Bandung: Alfa Beta, 2018)
Sukmadinata, Nana Syapodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT. Remja Rosdakarya, 2001)
Suparlan, Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Hikayat, 2006
Supriadi, Dedi, Guru di Indonesia: Pendidikan, Pelatihan dan Perjuangannya, Sejak Zaman Kolonial Hingga Era Reformasi, (Jakarta: Dirjen DikDasMen dan Direktorat Tenaga Kependidikan, 2003)
Surat Edaran Ditjen Dikdasmen Depdikbud Dan Ditjen Binbaga Islam Depak No. 5781A/C/U/1993, No.1/01/ED/1444/1993 Tentang pedoman pelaksanaan MGMP PAI pada SLTP dan SLTA
Surat Edaran Ditjen Dikdasmen Depdikbud dan Ditjen Binbaga Islam Depag, op,Cit.
Sutarini, D. A, Pengelolaan Program Kelompok Kerja Guru (KKG) di Gugus kecamatan Kraton Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7(2), 82–93. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.2022.
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Cet. XIV; (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008).
Uhbiyat, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 1998).
UU RI No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada bab IV, Bagian kesembilan Organisasi profesi dan kode Etik, 2005
Winarno Surakhmad, Pengantar Penelitian Ilmiah, (Bandung: Tarsito, 1994)
Refbacks
- There are currently no refbacks.