Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN. No. 93 Sawakung Beba Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar.

Muhammad Ahmad, Amirah Mawardi, Nurhaeni DS

Abstract


Proses belajar mengajar merupakan suatu kegiatan melakasnakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan pada dasarnya mengantarkan para siswa menuju pada perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang diatur guru melalui proses pembelajaran.

Dalam pembelajaran di kelas guru menggunakan berbagai metode dan  strategi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Selain itu guru juga menggunakan berbagia alat bantu sebagai penunjang dalam mengajar seperti buku paket, media pembelajaran serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) oleh guru sangat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran karena pada dasarnya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini terdapat soal-soal yang dapat langsung dikerjakan.

Hasil penelitian membuktikan bahwa Lembar kerja peserta didik (LKPD) efektif dalam mengaktifkan peserta didik dalam proses belajar dikelas, dan memungkinkan peserta didik dapat belajar secara mandiri menurut kemampuan dan minatnya, yang di harapkan mampu merangsang kegiatan belajar dikelas dan juga merupakan model pembelajaran yang dapat di kembangkan tenaga pendidik agar peserta didik tidak menjadi bosan dalam memperoleh kesempatan belajar. Dengan pemanfaatan Lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat menjadi pedoman untuk tenaga pendidik untuk membuat model pembeajaran selanjutnya yang dapat berdampak posistif bagi peserta didik.

Lembar kerja peserta didik (LKPD) memiliki kelebihan dan kekurangan dalam pemanfaatanya. Kelebihhan pemanfaatan Lembar kerja peserta didik (LKPD)yaitu, (a) dapat meningkatkan aktivitas belar peserta didik, (b). dapat mendorong peserta didik untuk bisa belajar meadiri, dan (c) membimbing peserta didik secara baik kearah pengembangan konsep. Dan kekuranganya ialah (a). tugas yang terdapat dalam Lembar kerja peserta didik (LKPD) hanya berupa soal tanpa ada contoh yang jelas, (b). Lembar kerja peserta didik (LKPD) kurang meanarik untuk peserta didik. Dari pemanfaatan Lembar kerja peserta didik (LKPD) di sekolah memiliki dampak yang baik, di antaranya, peserta didik dapat aktif dalam proses belajar dikelas dan peserta didik memiliki rasa ingin tahu terhadap Lembar kerja peserta didik (LKPD).

Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an Al - Karim

Darajat Zakiyah, 2000, Ilmu Pendidikan Islam, jakarta: Bumi Aksara

Jannah Fathul, 2013, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jurnal Dinamika Ilmu

Syahidin, 2020, Aplikasi metode pendidika qurani dalam pembelajaran agama islam di sekolah, Bandung: UPI Press

Junaid Hamzah , 2012, Sumber, Azas Dan Landasan Pendidikan, Sulaesana Vol. 7

Rubiono Rubiyanto, dkk, 2013, Landasan Pendidikan, Surakarta: Muhammadiyah University Press

Hidaya, 2016, Workshop Pendidikan Matematika 2, Semarang: Jurusan Matematika

Lestari L, 2018, Lembar Kerja Peserta Didik, Jurnal Eksata Pendidikan, Universitas Negeri Padang

Zuhairini, 1981, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Offset Printing

Abdul Majid, 2004, Pendidikan Agama Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Muhaimin, 2018, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: FKIP UNJ

Armai Arief, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers

Samsul Nizar, 2000, Pengantar Dasar – Dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pramata


Refbacks

  • There are currently no refbacks.