Penilaian Hasil Belajar Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran Model Project Based Learning bagi Mahasiswa Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar

Irdansyah Irdansyah, Suardi Suardi, Nursalam Nursalam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai manfaat mata kuliah media dan teknologi pembelajaran, dan hasil belajar pada mahasiswa sosiologi semester 3 FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar. Metode pelaksanaan di lokasi kampus dan pesertanya mahasiswa pendidikan sosiologi 2 kelas, proses pelaksanan selama 15 kali pertemuan di 2 kelas dengan model pembelajaran Project Based Learning memberikan tugas ke mahasiswa dan menjelaskan tahap-tahap pembuatan proyek media dan teknologi pembelajaran sampai tahap refleksi. Implementasinya Mahasiswa dapat berkontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan proyek yang dilakukan seperti memberikan kontribusi kepada sekolah dalam bentuk desain pengabdian masyarakat dengan bekerjasama dengan para dosen bahkan siswa siswa juga dapat berkontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan proyek. Hasil penelitian diperoleh tingkat kehadirannya tinggi dengan presentasi 90-95% kehadiran, tidak hadir hanya sekitar 5%, memperhatikan materi semakin terlihat, dengan persentase 93% mendapatkan nilai A, 93% mendapatkan nilai IPK 3.51-4.00 dengan predikat pujian, 3% mendapatkan nilai IPK 3.01-3.50 dengan predikat sangat memuaskan. dan 2% mendapatkan nilai IPK 2.76 – 3.00 dengan predikat memuaskan. 41 orang. Mahasiswa dengan persentase ketuntasan belajar 98% dan jumlah Mahasiswa  yang tidak tuntas proyek 3 orang Mahasiswa dengan persentase 3%.

Keywords


Hasi Belajar; Media dan Teknologi; Project Based Learning; Pendidikan Sosiologi

Full Text:

PDF

References


Abbey, C., Ma, Y., Akhtar, M., Emmers, D., Fairlie, R., Fu, N., Johnstone, H., F., Loyalka, P., Rozelle, S., Faith, H., Loyalka, P., Rozelle, S., Xue, H., & Zhang, X. (2024). Generalizable evidence that computer assisted learning improves student learning : A systematic review of education technology in China. Computers and Education Open, 6(September 2023), 1–26. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2024.100161

Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Imam-Fulani, Y. ., Fahm, A. ., & Azeez, A. . (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes : A systematic review. Heliyon, 6(11), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312

Ambe, B., A., Agbor, Cassidy, E., Amalu, Melvina, N., Ntol, A., Bekomson, Achi, N., Etan, Michael, O., Ephraim, Idongesit, E., Asuquo, Edung, E., Eyo, Okon, E., & Ogunjimi, Joel, O. (2024). Electronic media learning technologies and environmental education pedagogy in tertiary institutions in Nigeria. Social Sciences & Humanities Open, 9(100760), 1–7. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100760

Baidowi., Sarjana, K., Novitasari, D., & Kurniawan, E. (2021). Peningkatan Kemandirian Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Dengan Lesson Study Melalui Blended Learning. J. Pijar MIPA, 16(3), 366–373. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2267

Ball, A., Joyce, H. D., & Anderson-butcher, D. (2016). Exploring 21st Century Skills and Learning Environments for Middle School Youth. International Journal of School Social Work, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.4148/2161-4148.1012

Barnasnsyah, R., M. (2021). Implementasi Media Pembelajaran dalam Keterampilan Mengajar bagi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Media dan Teknologi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 5(2), 209–220. https://doi.org/10.21009/hayula.005.02.04

Darwati, I., M., & Purana, I., M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. JURNAL PENDIDIKAN, 31(1), 17–28. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal pendidikan & pengajaran guru sekolah dasar, 02(1), 10–15. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i1.988

Howard, T., & Rohs, M. (2021). Digitization bolstering self-directed learning for information literate adults – A systematic review. Computers and Education Open, 2, 100048. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100048

Irfandi, Mualif, A., Musdansi, Dwi ., P., Akbar, H., Mailani, I., Ningsih, Jumriana., R., Yuhelman, N., & Murwindra, R. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media dan sumber belajar bagi anak. BHAKTI NAGORI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 74–79. https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v3i1.3092

Jiang, Y., Li, X., Luo, H., Yin, S., & Kaynak, O. (2022). Quo vadis artificial intelligence? Discover Artificial Intelligence, 2(1), 1–19. https://doi.org/10.1007/s44163-022-00022-8

John, A., & Bates, S. (2024). Barriers and facilitators: The contrasting roles of media and technology in social–emotional learning. Social and Emotional Learning: Research, Practice, and Policy, 3(August 2023), 100022. https://doi.org/10.1016/j.sel.2023.100022

Linda. (2023). Strategi pembelajaran dengan memadukan teknologi dan media. Jurnal Kenduri, 03(02), 74–78. https://doi.org/10.62159/kenduri.v3i2.973

Loeng, S. (2020). Self-Directed Learning : A Core Concept in Adult Education. Hindawi Education Research Internationa, 2020, 1–12. https://doi.org/10.1155/2020/3816132

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ? 316 IJAR : Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mahbuddin, A., N., G. (2020). Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 3(2), 183–196. https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2312

Morris, T. . (2020). Creativity Through Self-Directed Learning: Three Distinct Dimensions of Teacher Support. International Journal of Lifelong Education, 39(2), 168–178. https://doi.org/10.1080/02601370.2020.1727577

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Myori, Dwiprima., E., Krismadinata, Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (JURNAL TEKNIK ELEKTRO DAN VOKASIONAL), 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832

Nastiti, F., E., & Abdu, A., R., N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech :Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Oktaviyanti, I., Karma, I., N., Nurhasanah., Jiwandono, I., S., & Setiawan, H. (2024). Persepsi Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Luring ( New Normal ) pada Mata Kuliah Pendidikan IPS SD. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 363–370. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5270

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). KECAKAPAN ABAD 21 : KOMPETENSI DIGITAL PENDIDIK MASA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.239117/jmp.v14i2.9486

Purnasari, P. D. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2

Sefton-green, J., & Erstad, O. (2016). Researching ‘ learning lives ’ – a new agenda for learning , media and technology. Learning, Media and Technology, 42(2), 246–250. https://doi.org/10.1080/17439884.2016.1170034

Sholeha, U., U., Hartati., & Aryanti, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Media Dan Teknologi Pembelajaran Penjaskes Mahasiswa Fkip Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Olahraga (Riyadhoh), 4(1), 9–17. https://doi.org/10.31602/rjpo/v4i1.4997

Soemantri, S. (2019). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–69. https://doi.org/10.30651/aksi.v3i1.2372

Suardi. (2024). Inovasi Pembelajaran Kombinasi Model Project Based Learing Dan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Devotion Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi, Komunikasi, Kreatifitas Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 12–27. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1106

Wijayanti, R. Y., & Arafat, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Perencanaan Hutan melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 122–130. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.147

Zebua, Y., Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Hidrolika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3770–3777. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2730


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 International Journal of Society Dedication

Diterbitkan:

Program Pascasarjana, Magister Pendidikan Sosiologi 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id