Implementation of the 2013 Curriculum in Improving the Critical Thinking Skills of UPT SMAN 11 Maros Students

Nurfadilah Syawal Ibraya, Sam'un Mukramin, Kaharuddin Kaharuddin

Abstract


Implementasi kurikulum juga dapat diartikan sebagai aktualisasi kurikulum tertulis ke dalam bentuk pembelajaran. Implementasi juga dapat diartikan penerapan dan penerapan. Implementasi Kurikulum 2013 merupakan perangkat pembelajaran yang dirancang dalam bentuk silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada standar isi. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model PBL (Problem Based Learning). PBL merupakan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah sehingga siswa akan terbiasa menyelesaikan masalah yang konvergen. Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah, melaksanakan kegiatan literasi dan menuangkan hasil literasinya, menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, serta memberikan soal evaluasi HOTS (High Older Thinking Skill).




Keywords


Implementation, Curriculum 2013, Critical thinking

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. (2021). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas(Sma) Di Yogyakarta. Borneo Jounal of Science Andmathematics Education, 1(2), 83–91. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/index

Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19396

Azizah, W. A., Sarwi, & Ellianawati. (2019). Pendekatan STREAM terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019 ISSN: 2686-6404 Pendekatan, 462–452. google schoolar

Chairunnisa, R., Herdhiana, R., & Ilyas. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 40–47.

Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube Banyumas. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56

Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2022). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, Dan Keterampilan Siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649

Fussalam, Y. E., & Elmiati. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45–55. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/49

Lestari, D. F. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(1), 66–76. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1588

Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 2, 27–43.

Purwaningrum, S., & Iftitah, S. N. K. (2023). Penggunaan Media Advanced Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(01), 01–22. https://doi.org/10.30762/allimna.v2i01.955

Sadat, F. A. (2020). Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah. Tsaqofatuna, 4(2), 15–37.

Sanra, R., Adisel, A., Merdiansyah, M., Gusliana, R. M., Azzarah, A. K., & Ilahi, D. R. N. (2022). Strategi Pembelajaran IPS dalam Konteks Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan Konsep Merdeka Belajar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 165–171. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3413

Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B. R., Tampubolon, H., & Silalahi, M. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengimlementasikan Kurikulum 2013 Dalam Education 4.0. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 223–234. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1305

Sinambela, P. N. josip M. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067

Sutrisno, E. dan W. (2009). Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di sekolah menengah pertama (studi pada sekolah-sekolah di kota semarang). Jurnal of Education Social Studies, 5(1), 23–28.

Wahyudin, D., Rusman, R., & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan Life Skills dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA (Sekolah Menengah Atas) di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i1.6023

Winarti, W., Hairida, H., WAHANA, I. L.-J. I., & 2021, undefined. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Soal Berdasarkan Pada Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Landak. Jurnal.Unibrah.Ac.Id, 7(2), 108–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.4659018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 International Journal of Society Dedication

Diterbitkan:

Program Pascasarjana, Magister Pendidikan Sosiologi 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id