Implementation of the 2013 Curriculum in Improving the Critical Thinking Skills of UPT SMAN 11 Maros Students
Abstract
Implementasi kurikulum juga dapat diartikan sebagai aktualisasi kurikulum tertulis ke dalam bentuk pembelajaran. Implementasi juga dapat diartikan penerapan dan penerapan. Implementasi Kurikulum 2013 merupakan perangkat pembelajaran yang dirancang dalam bentuk silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada standar isi. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model PBL (Problem Based Learning). PBL merupakan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah sehingga siswa akan terbiasa menyelesaikan masalah yang konvergen. Upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah, melaksanakan kegiatan literasi dan menuangkan hasil literasinya, menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, serta memberikan soal evaluasi HOTS (High Older Thinking Skill).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R. (2021). Optimalisasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas(Sma) Di Yogyakarta. Borneo Jounal of Science Andmathematics Education, 1(2), 83–91. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/index
Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19396
Azizah, W. A., Sarwi, & Ellianawati. (2019). Pendekatan STREAM terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2019 ISSN: 2686-6404 Pendekatan, 462–452. google schoolar
Chairunnisa, R., Herdhiana, R., & Ilyas. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Discovery Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 40–47.
Daga, A. T. (2022). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(1), 11–28. https://doi.org/10.47387/jira.v3i1.137
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube Banyumas. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983
Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56
Fitriani, D., Putri, W. S., & Khoiriyah, Z. H. (2022). Implementasi Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Mutu Pengetahuan, Sikap, Dan Keterampilan Siswa. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 29–43. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.649
Fussalam, Y. E., & Elmiati. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K13) SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 45–55. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/49
Lestari, D. F. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 6(1), 66–76. https://doi.org/10.37150/jp.v6i1.1588
Pramuji, L., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis Stem Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 2, 27–43.
Purwaningrum, S., & Iftitah, S. N. K. (2023). Penggunaan Media Advanced Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(01), 01–22. https://doi.org/10.30762/allimna.v2i01.955
Sadat, F. A. (2020). Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah. Tsaqofatuna, 4(2), 15–37.
Sanra, R., Adisel, A., Merdiansyah, M., Gusliana, R. M., Azzarah, A. K., & Ilahi, D. R. N. (2022). Strategi Pembelajaran IPS dalam Konteks Kurikulum 2013 Edisi Revisi dengan Konsep Merdeka Belajar. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 165–171. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3413
Sihotang, H., Limbong, M., Simbolon, B. R., Tampubolon, H., & Silalahi, M. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengimlementasikan Kurikulum 2013 Dalam Education 4.0. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(2), 223–234. https://doi.org/10.33541/cs.v1i2.1305
Sinambela, P. N. josip M. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067
Sutrisno, E. dan W. (2009). Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di sekolah menengah pertama (studi pada sekolah-sekolah di kota semarang). Jurnal of Education Social Studies, 5(1), 23–28.
Wahyudin, D., Rusman, R., & Rahmawati, Y. (2017). Penguatan Life Skills dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada SMA (Sekolah Menengah Atas) di Jawa Barat. Mimbar Pendidikan, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i1.6023
Winarti, W., Hairida, H., WAHANA, I. L.-J. I., & 2021, undefined. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Soal Berdasarkan Pada Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Landak. Jurnal.Unibrah.Ac.Id, 7(2), 108–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.4659018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 International Journal of Society Dedication
Diterbitkan:
Program Pascasarjana, Magister Pendidikan Sosiologi
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id