Pelaksanaan Program Kelas Baca dalam Meningkatkan Budaya Literasi Al-Quran Anak-Anak di Desa Tenringangkae

Fitriani Lestari, Salsabilah Muslim, Jamaluddin Arifin, Sam'un Mukramin

Abstract


Membaca meruapakan salah satu keterampilan penting bagi seorang anak khususnya anak-anak yang pada usia sekolah dasar.  Keterampilan membaca bukan hanya terkait saat membaca teks bahasa indonesia tetapi juga keterampilan membaca al-quran, mengingat mayoritas dari masyarakat indonesia khususnya yang berada di Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan. Melalui kegiatan Pemantapan Profesi Keguruan P2K Mahasiswa Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar dibuatlah program kelas baca untuk meningkatkan budaya literasi al-quran anak-anak di desa Tenrigangkae. Kegiatan kelas baca ini dilaksanakan di desa Tenrigangkae, Kecamatan Mandai, Kabupaten Maros tepatnya di masjid Jami’ Baiturrahman. Adapun target dari program ini adalah anak-anak usia sekolah dasar yang berada di desa Tenrigangkae. Dalam pelaksanaan program ini terdapat beberapa item kegiatan didalamnya yaitu: 1) Pembinaan mengaji dan pendampingan murajaah hafalan, 2) pengajaran bahasa inggris. 


Full Text:

PDF

References


Gunawan, A. (2023). Optimalisasi Program “Taman Bacaan dan Mengaji” Guna Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat Pedesaan. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat).

Muhamad Sadli, B. A. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.

Permatasari, A. (n.d.). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi.

Sukiyanto, E. M. (2021). Pendampingan Gerakan Literasi Masyarakat Melalui Rumah baca. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Via Nurpajriah, A. S. (2023). Peningkatan Mutu Keagamaan Anak Usia Sekolah Melalui Gerakan Maghrib Mengaji di Desa Palimanan Timur, Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Wahyu, F. (2018). Pengembangan Masyarakat Islam: Program Magrib Mengaji Kecamatan Kota Tengah Padang, Sumatera Barat. Jurnal Al-Fuad.

Yantisyahrani, S. (2023). Bimbingan Kelas Literasi Baca Tulis di Luar Jam Sekolah di Desa Samaturue Kec Tellulimpoe. PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 International Journal of Society Dedication

Diterbitkan:

Program Pascasarjana, Magister Pendidikan Sosiologi 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id