Analisis Perubahan Siklus Pendidikan dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka

Hasnita Hasnita, Faitmah Azis

Abstract


Penelitian ini membahas tentang analisis perubahan siklus dalam kebijakan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perubahan siklus pendidikan dalam kebijakan Kurikulum saat ini. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pada penelitian ini akan melakukan analisis perubahan siklus pendidikan dalam kebijakan kurikulum merdeka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa kurikulum merupakan  yang sangat penting  bagi  keberhasilan  suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran   pendidikan   yang   diinginkan. Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya kurikulum adalah rencana pembelajaran.Terjadinya perubahan kurikulum ini menjadi sesuatu yang mengherankan bagi kebanyakan orang yang tidak memahaminya. Dalam konteks perubahan siklus pendidikan ini kebijakan kurikulum merdeka ini merupakan usaha untuk mendukung visi pendidikan Indonesia sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, Kurikulum Merdeka (yang sebelumnya disebut sebagai kurikulum prototipe) dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik.

Keywords


perubahan siklus pendidikan, kebijakan kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Nur El-Islam, 1(2), 48–58.

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hudaidah, & Ananda, A. P. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108.

Maghfuri Amin. (2020). Analisis politik dan kebijakan pendidikan islam pada awal orde reformasi (1998-2004). Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 14–26. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/614/924

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nugraha, T. S. (2022). Inovasi Kurikulum. 250–261.

Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, H. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Sumintono, B. (2021). Isu Pengembangan Kurikulum Baru 1 oleh: Bambang Sumintono 2. April, 1. http://deceng2.wordpress.com

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 International Journal of Society Dedication

Diterbitkan:

Program Pascasarjana, Magister Pendidikan Sosiologi 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id