PELUANG PEMANFAATAN AIR TANAH UNTUK MENDUKUNG KEBERLANJUTAN SUMBER DAYA AIR DI KOTA PARE-PARE

Ardhi Nurhakim, Muhammad Firdaus

Abstract


Salah satu sumber daya air yang keberadaannya terbatas dan jika mengalami kerusakan akan sulit dipulihkan adalah air tanah. Air tanah adalah sejumlah air yang terdapat di bawah permukaan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Kota Pare-Pare merupakan salah satu kota yang memiliki cukup banyak cekungan air tanah yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Peranan air tanah dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber daya air dalam menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air baik untuk keperluan rumah tangga ataupun industri. Besarnya potensi air tanah dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pentingnya kondisi air tanah saat ini dapat menimbulkan permasalahan yang sangat merugikan bagi keberlangsungan sumber daya air tersebut serta pada masarakat sendiri. Oleh karena itu diperlukan perencanaan pendayagunaan air tanah yang mencakup pada inventarisasi potensi air tanah, perencanaan dan pemanfaatan air tanah sehingga dapat lebih optimal tanpa menimbulkan dampak negatif.


Keywords


Pare-pare, air tanah, keberlanjutan

Full Text:

PDF

References


Pratiknyo, Puji. 2008. “Sistem Akuifer dan Cadangan Air Tanah di Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Ilmiah MTG Vol 1 (2008):1-10.

Rejekiningrum, Popi. 2009. “Peluang Pemanfaatan Air Tanah Untuk Keberlanjutan Sumber Daya Air.” Jurnal Sumber Daya Lahan, Vol.3 (2009):85-96.

Rejekiningrum, Popi., Pawitan., Hidayat 2010. “Identifikasi Potensi Air Tanah Untuk Keberlanjutan Sumber Daya Air:Kasus di DAS Cicatih-Cimandiri Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.” Jurnal Sumber Daya Air, Vol. 6 (2010):1-10.

Kementerian PUPPR, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi. 2017. Modul Geologi dan Hidrogeologi (2017).




DOI: https://doi.org/10.26618/th.v15i1.9799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.